Ukuran Gilingan Kopi (Grind Size) – Tentunya banyak barista atau home brewer bertanya-tanya seberapa halus/kasar biji kopi digiling. Lalu seberapa pentingkah memperhatikan ukuran gilingan kopi dengan metode seduh yang akan digunakan?

Bagi yang belum tahu mengenai ukuran gilingan kopi atau grind size pada kopi baca selengkapnya artikel tamandelta.com kali ini.

Seberapa Pentingkah Ukuran Gilingan Kopi (Grind Size)?

Tentu jawaban pastinya adalah sangat amat penting. Ukuran gilingan kopi atau yang juga dikenal dengan grind size coffee merupakan faktor penting dalam mendapatkan sebuah karakteristik suatu kopi.

Tak lagi menjadi sebuah rahasia, jika ukuran gilingan kopi (grind size kopi) sangat mempengaruhi seduhan kopi. Hal ini dikarenakan suatu metode seduh masing-masing memiliki filter atau saringan dengan keunikan yang berbeda-beda.

Mengenal Ukuran Gilingan Kopi (Grind Size)

7 Ukuran Gilingan Kopi Grind Size
7 Ukuran Gilingan Kopi Grind Size

Tahukah Kamu? Ukuran biji kopi yang digiling menjadi sebuah perhatian penting dikalangan penyeduh kopi. Karena perbedaan ukuran gilingan dengan metode seduh yang akan digunakan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam menyajikan kopi. Perbedaan paling jelas yang membuat ukuran gilingan kopi atau coffee grind size yang harus diperhatikan, terletak pada contact time, extraction rate and flow rate.

  • Tingkat ekstraksi kopi meningkat dengan semakin luasnya permukaan kopi
  • Untuk permukaan yang luas, giling kopi lebih halus
  • Semakin tinggi tingkat ekstraksi, semakin sedikit waktu air dan kopi bertemu
  • Biji kopi yang digiling halus mengurai aliran air, meningkatkan lama waktu air dan kopi bertemu

7 Macam Ukuran Gilingan Kopi (Grind Size)

Ukuran gilingan kopi (grind size) secara umum memiliki 7 jenis atau tingkatan yang berbeda-beda. Berikut ada tujuh macam ukuran gilingan kopi (Grind Size) yang sangat berguna sebagai panduan dalam menyajikan kopi yang Kamu inginkan.

1. Super Coarse / Paling Kasar

Pada jenis ukuran gilingan kopi ini memiliki gilingan yang paling kasar. Dimana ukuran gilingan ini cocok digunakan untuk metode penyajian kopi Plunger.

Saran penyajian ukuran gilingan kopi (grind size) Super Coarse:

  • Plunger

2. Coarse / Kasar

Mungkin terlihat hampir sama, namun coarse grind berbeda, bila dirasa dengan jari akan terlihat jelas perbedaannya. Ukuran gilingan kopi coarse memiliki gilingan sebesar garam laut.

Adapun saran penyajian ukuran gilingan kopi (grind size) Coarse adalah sebagai berikut:

  • French press

3. Medium-Coarse

Tidak terlalu terlihat, namun sangat jelas mempengaruhi kopi yang diseduh. Bentuknya hampir mirip seperti pasir yang kasar. Saran penyajian untuk ukuran gilingan kopi (grind size) Medium-Coarse:

  • Aeropress
  • Vietnam Drip

4. Medium Grind

Ukuran gilingan kopi yang satu ini tentunya sangat cocok jika diseduh dengan metode flat bottom, cone-shaped pour-over, aeropress, dengan penambahan waktu penyeduhan lebih dari tiga menit, dan Siphon.

Saran metode penyajian:

  • V60
  • Kalita
  • Chemex
  • Syphon

5. Medium-Fine Grind

Untuk medium fine biasa digunakan untuk membuat espresso. Kamu bisa menyeduhnya dengan cara poyur over ataupun aeropress dengan penambahan waktu 2-3 menit.

Saran metode penyajian:

  • Tubruk

6. Fine

Untuk ukuran gilingan kopi (grind size) Fine memiliki gilingan yang halus biasanya biji kopi yang digiling jenis ini sesuai untuk metode seduhan;
Espresso. Ukuran gilingan kopi (grind size) kopi yang satu ini memiliki tekstur yang halus seperti tepung, diperlukan alat khusus untuk dapat menghasilkan konsistensi dalam membentuk ukuran ini.

7. Super Fine

Ukuran gilingan kopi (Grind size) yang satu ini memiliki tekstur yang digiling sangat halus, lebih halus dibandingkan dengan grind size fine. Adapun saran penyajian yang cocok digunakan untuk grind size yang satu ini adalah Turkish Coffee.

Disclaimer: Mempelajari metode seduhan tidak boleh luput untuk mempelajari juga tentang biji kopi yang digiling, tiap metode seduhan memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya saja, jika ingin acidity lebih kentara sebaiknya menggunakan metode dripper atau pour over.

Pilihan Ukuran Gilingan Kopi (Grind Size) Sesukamu

Cari ukuran gilingan kopi (grind size) yang mana? Di Taman Delta kamu bisa memilih ukuran gilingan kopi sesuai kebutuhanmu. Gratis, tanpa dikenakan biaya tambahan. Hubungi tim marketing Kami di melalui kontak informasi di bawah ini.

Nah itulah informasi mengenai 7 Ukuran Gilingan Kopi (Grind Size) Serta Metode Seduhnya. Semoga bisa membantu teman-teman penikmat kopi dimana pun berapa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *