Tren Kopi Masa Kini di Indonesia – Masyarakat Indonesia khususnya para generasi milenial akhir-akhir ini sangat di hebohkan dengan keberadaan kedai kopi yang menghiasi setiap sudut kota. Hal itu tentunya tidak lepas dari meningkatnya popularitas kopi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kini “Ngopi” merupakan bagian dari aktivitas hangout para generasi milenial. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari perubahan yang dilakukan oleh pemilik kedai kopi yang ada. Baik dari segi infrastruktur, tempat yang nyaman, hingga arsitektur bangunan kedai yang setiap sudutnya cocok untuk dijadikan spot berfoto bersama teman-teman maupun keluarga.

Tren kopi masa kini di Indonesia tersebut tentunya tidak semata-mata populer karena kedai kopinya yang kekinian. Itu hanya satu dari sekian faktor yang menjadikan tren kopi masa kini di Indonesia makin lebih digemari. Lalu apa saja tren kopi masa kini di Indonesia yang menjadikan popularitas Ngopi di Indonesia meningkat tajam?

Dilansir dari suara.com, Prof Ujang Sumarwan selaku guru besar Ilmu Perilaku Konsumen IPB mengungkapkan. Bahwa : “Kopi itu representasi gaya hidup. Bukan hanya di kota tapi juga desa,”.

7 Tren Kopi Masa Kini Di Indonesia

Seperti yang Kami singgung sebelumnya, arsitektur kedai kopi merupakan salah satu bagian dari tren kopi masa kini di Indonesia yang membuat popularitas ngopi meningkat tajam. Nah kali ini Taman Delta Indonesia akan memberikan beberapa bagian dari Tren Kopi Masa Kini di Indonesia.

1. Kedai Kopi Kekinian

Tren Kopi Masa Kini di Indonesia, Kedai Kopi
Tren Kopi Masa Kini di Indonesia, Kedai Kopi

Pada poin pertama mengenai tren kopi masa kini di Indonesia tentu seperti yang Kami singgung terus menerus adalah Kedai Kopi. Untuk menikmati sebuah makanan atau minuman tentunya Kita membutuhkan tempat yang nyaman bukan? Tak terkecuali untuk menikmati sebuah kopi, tentu membutuhkan tempat yang nyaman. Tapi memang pada suatu kasus ada juga penikmati kopi yang lebih nyaman dengan Ngopi di pinggir. Mengingat kedai kopi tidak hanya ditemukan berupa sebuah bangunan permanen saja, melainkan ada berupa gerobak.

Eih jangan salah, meskipun kedai kopi gerobak, tapi gerobaknya juga di sulap menjadi gerobak kedai kopi yang kekinian. Jadi tetap enak dipandang, meskipun begitu gerobak tersebut tentunya membawa peralatan yang siap menyajikan kopi yang Kamu inginkan. Nah seiring perkembangan jaman, kini kedai kopi di Indonesia mengubah arsitektur bangunan kedainya menjadi lebih kekinian.

Jadi dari arsitektur bangunan kedai kopi yang kekinian ini lah membuat ngopi tidak hanya ditujukan untuk kalangan orang tua saja. Tidak hanya untuk laki-laki saja, melainkan untuk seluruh elemen masyarakat, baik muda maupun tua, laki-laki maupun perempuan, dan kota atau di desa.

Nah Tahukah Kamu? Dalam dunia penikmat kopi, ada 2 jenis kedai kopi yang harus Kamu ketahui yakni Coffee Shop dan Coffee Roastery. Lalu apa perbedaan dari masing-masing kedai kopi tersebut? Simak ulasannya dalam artikel Kami di Perbedaan Coffee Shop dengan Coffee Roastery.

2. Varian Kopi Bervariatif

Bagian dari tren kopi masa kini di Indonesia yang selanjutnya adalah banyaknya varian rasa dari kopi. Varian kopi yang bervariatif ini tentunya tak lepas dari peran Indonesia yang menjadi salah satu penghasil biji kopi terbaik dan terbanyak di Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak daerah penghasil biji yang berkualitas, masing-masing daerah tersebut pun memiliki cita rasa biji kopi yang berbeda-beda. Mulai dari Kopi Aceh Gayo dari Aceh, hingga Kopi Wamena Papua.

Baca juga: Jenis Kopi Asli Indonesia

Seiring berkembangnya jaman, kini peracik kopi atau dengan sebutan kerennya Barista juga makin berkembang pengetahuannya tentang kopi. Sehingga bisa menghasilkan varian-varian kopi yang cocok dan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Tak heran tidak hanya kalangan anak muda maupun tua, pria-wanita, orang di kota maupun di desa sangat menyukai kopi.

Hal tersebut tentu saja tak lepas dari banyaknya varian rasa kopi yang tersedia.

  • Latte
  • Cappucino
  • Moccacino
  • Mocha
  • Caramel Macchiato

3. Latte Art

Latte Art, Tren Kopi Masa Kini

Tren Kopi Masa Kini di Indonesia yang selanjutnya adalah Latte Art. Mungkin banyak yang belum tahu dengan Latte Art? Bagaimana kalau kopi yang ada gambarnya, yang bisa di tulis nama Kita? Mungkin sudah pernah dengar atau melihat kopi yang bisa di gambar-gambar tersebut dong. Nah itulah yang dimaksud dengan Latte Art, Latte sendiri merupakan sebuah fresh milk yang digunakan untuk dicampur dengan varian kopi baik seperti yang Kami singgung pada poin sebelumnya.

Nah latte art ini tentunya bisa Kamu dapatkan sesuai dengan permintaan Kamu. Ajukan kepada kasir maupun baristanya, jangan sungkan untuk bertanya ya. Inilah yang menjadikan kopi makin dikenal oleh generasi milenial. Meskipun tren kopi masa kini di Indonesia yang satu ini sudah dikenal sejak lama, namun hingga saat ini latte art masih menjadi pilihan favorit ketika Ngopi di kedai.

4. Tempat Nongkrong

Tempat Nongkrong Untuk Ngopi

Menyambung pada poin pertama sebelumnya, yang membahas mengenai kedai kopi. Tren kopi masa kini di Indonesia memang tak lepas dari sebuah tempat untuk bertemu, bercerita, bergurau dengan teman maupun keluarga. Kedai kopi kini menjadi pilihan favorit tempat untuk nongkrong, selain bisa sambil ngopi, tentunya di Kedai Kopi Kita bisa ngobrol asik bersama teman.

Tak hanya untuk nongkrong saja, banyak mahasiswa yang memilih kedai kopi sebagai tempat untuk mencari inspirasi. Baik untuk mengerjakan tugas kuliah, hingga menjadikan kedai kopi sebagai tempat untuk mengejar target wisuda alias ngerjain skripsi. Tentunya hal itu tak lepas dari peran kedai kopi yang menyediakan wifi gratis untuk pelanggannya.

5. Harga Yang Sesuai Dengan Masing-Masing Orang

Masing-masing kedai kopi tentunya memiliki harga kopi yang bervariatif. Tujuannya tentu saja untuk menjangkau pelanggan dari latar belakang yang berbeda-beda. Inilah yang manjadi salah satu bagian dari tren kopi masa kini di Indonesia menjadi lebih booming.

Harga yang bervariatif tersebut tentunya bisa menjangkau semua elemen masyarakat Indonesia. Sehingga kopi bisa dinikmati oleh berbagai elemen masyarakat.

6. Kemasan Yang Kece

Setiap kedai kopi yang berada di Indonesia tentunya memiliki desain dan kemasan dengan keunikan masing-masing. Kemasan tentunya merupakan faktor penting dalam meningkat sebuah brand kedai kopi. Nah ini lah yang menjadikan tren kopi masa kini di Indonesia terus melejit. Hal tersebut tentunya banyak dari penikmat kopi yang membeli kopi tidak sekedar untuk langsung diminum saja, melainkan digunakan sebagai objek pemotretan dan di unggah ke sosial media mereka.

Namun tidak menjadi persoalan yang serius jika Kamu menikmati kopi di kedainya langsung. Sebab banyak kedai kopi menggunakan cangkir keramik dengan penuh warna-warni yang unik. Sedangkan untuk kedai kopi yang kebanyakan menggunakan kemasaan cup take away, beberapa tahun seperti menjadi sorotan.

Kesimpulan, Tren Kopi Masa Kini Di Indonesia

Tentu kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang besar yang diantaranya sebagai penghasil kopi terbaik. Jadi tidak usah heran bila banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kopi. Apalagi disisi lain penikmat kopi asli Indonesia juga membantu perekonomian para petani kopi di Indonesia. Seiring perkembangan jaman, banyak alat modern berkelas yang bisa digunakan untuk mengolah kopi yang itu-itu saja menjadi kopi yang memiliki varian bermacam-macam.

Bagaimana menurutmu mengenai tren kopi masa kini di Indonesia yang terus berkembang hingga saat ini? Tulis melalui kolom komentar dibawah dong.

Nah buat Kamu yang ingin menikmati kopi asli Indonesia dari Aceh hingga Wamena, Papua Kamu bisa mendapatkannya di Taman Delta Indonesia. Kami menyediakan kopi dalam bentuk bubuk maupun masih biji yang sudah di sangrai. Yang pasti produk Taman Delta Indonesia 100% halal dan 100% aman dikonsumsi. Karena Kami juga telah mendapatkan berbagai sertifikasi nasional dan mancanegara seperti berikut.

  1. Sertifikat Halal dari MUI
  2. Sertifikasi BPOM
  3. ISO 9001
  4. ISO 22000
  5. HACCP

Nah itulah cerita kopi Kami kali ini mengenai 6 Tren Kopi Masa Kini di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat untuk Kamu, dan tetap semangat menjalankan aktivitas pada hari ini. Juga jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk Ngopinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *