Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan – Tentu Kamu sudah mengenal kopi yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi perlu Kamu ketahui, Kopi merupakan salah satu minuman yang populer bukan karena sekedar sebagai penghilang rasa kantuk dan nikmat saja. Melainkan banyak khasiat dan manfaat minum kopi untuk kesehatan.

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melawan radikal bebas dalam sel. Nah apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Simak cerita seputar kopi Taman Delta kali ini.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan
Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan, sumber: Pixabay/Myriams-Fotos

Seperti yang sudah Kami singgung diawal cerita tentang kopi kali ini, manfaat kopi dikenal sebagai minuman yang ampuh untuk mengusir rasa kantuk yang melanda. Namun lebih dari itu, ternyata minum kopi juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kita loh.

Kopi mengandung ratusan senyawa bioaktif yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan otak Kita. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi memiliki resiko penyakit berbahaya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi.

Berikut ini ada empat senyawa baik yang terkandung di dalam kopi.

  1. Kafein yakni zat psikoakif yang dapat menstimulasi sistem saraf pusat.
  2. Asam klorogenik (CGA) adalah antioksidan polifenol yang berperan dalam metabolisme gula darah dan mengatur tekanan darah tinggi.
  3. Cafestol dan kahweol ialah minyak alami kopi yang baik untuk hati dan melindungi sel-sel tubuh tetap sehat.
  4. Trigonelline merupakan senyawa alkaloid yang berperan dalam pengolahan asam nikotinat (vitamin B3), mencegah gigi berlubang dan menghambat pertumbuhan bakteri.

1. Dapat mencegah diabetes

Hah? Seriusan nih? hmm tahu gak sih Kamu? Umumya penyakit Diabetes dapat terjadi karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang.

Nah inilah salah satu manfaat kopi unntuk kesehatan, yang mampu mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah. Melalui Ngopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes.

Ingat, minum kopi gak harus pake gula, sekali-kali cobalah minum kopi tanpa gula ya! Dan jangan lupa diimbangi dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan.

2. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Tahukah Kamu? kebanyakan jenis makanan serta minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, ternyata berdampak positif bagi tubuh. Tak terkecuali dengan minuman paling populer yang satu ini, ya Kopi. Jika kopi dikonsumsi secara teratur dan takaran yang pas, tentunya kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Nah jika metabolisme dalam tubuh lancar tentunya lemak-lemak “nakal” yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

3. Manfaat Minum Kopi Untuk Mencegah Kanker Kulit

Pernah ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa, sebagian besar seseorang yang mengkonsumsi kopi setiap hari, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker kulit*. Dibandingkan dengan orang yang jarang meminum kopi, dan memiliki gaya hidup atau pola makan yang tidak baik.

Alasannya adalah kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh. Sel-sel itulah yang bisa memicu terjadinya kanker kulit saat terpapar sinar matahari.

4. Mengurangi Tingkat Stress dan Depresi

Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum kopi untuk kesehatan yang satu ini tentunya akan membuat para pemilik berat badan berlebih akan terkejut. Mana mungkin minum kopi bisa menurunkan berat badan?

Nah tahukah Kamu? Minum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas alias less sugar dapat membantu program turun berat badan Kamu loh. Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang.

Nah buat Kamu yang beberapa kali melakukan program penurunan berat badan namun belum berhasil bisa coba cara yang satu ini. Selain mengatur pola makan, melakukan gaya hidup sehat, program dietmu akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

6. Manfaat Minum Kopi Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Memang tidak bisa dipungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya juga turut berkurang. Namun semua itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi kok. Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

Namun manfaat minum kopi untuk kesehatan yang satu ini tentunya juga harus dikombinasikan dengan gaya hidup yang sehat.

7. Meredakan sakit kepala

Tentunya semua orang tidak ingin menderita sakit, salah satunya sakit kepala yang tentunya sangat mengganggu sekali. Namun bila Kamu sedang mengalami sakit kepala salah satu cara paling baik untuk meredakan adalah dengan ngopi menggunakan kopi hitam secukupnya.

Jadi Kamu tidak perlu repot-repot membeli obat pereda sakit kepala yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Cukup membuat secangkir kopi hitam hangat di rumah. Ya manfaat minum kopi untuk kesehatan yang satu ini bisa menjadi pilihan dalam meredakan sakit kepala.

8. Menambah Antioksidan Dalam Tubuh

Seperti yang sudah saya singgung di awal cerita tentang Manfaat Minum Kopi untuk kesehatan, bila kopi memiliki kandungan zat antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Zat antioksidan tidak hanya terdapat di dalam buah atau sayuran segar saja, melainkan juga terdapat di kopi.

Tubuh kita tentunya membutuhkan antioksidan, itu sebabnya zat ini merupakan salah satu zat yang paling penting bagi tubuh. Pasalnya, antioksidan sangat bermanfaaat untuk menangkal racun-racun yang ada di dalam tubuh, akibat pola hidup yang tidak sehat, kurang berolah raga dan terpapar polusi saat di jalan.

9. Meningkatkan Produktivitas

Sudah bukan lagi rahasia umum bila kopi mengandung kafein yang tinggi. Wajar bila kopi sering dikonsumsi oleh mereka para pekerja keras, untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Selain bisa menghilangkan rasa kantuk yang bermanfaat sekali untuk pekerja lapangan, disisi lain ngopi juga bisa memberikan efek stimulan pada saraf yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: Jenis Kopi Robusta Indonesia

Sehingga manfaat minum kopi untuk kesehatan mampu meningkatkan produtivitas.

9 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Diatas Tidak Akan Terjadi

Ya, sembilan manfaat minum kopi untuk kesahatan yang telah Kami jelaskan sebelum tidak akan mungkin terjadi bila penikmat kopi tetap memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Serta tidak bisa menjaga pola makanan yang baik dan benar.

Nah itulah Cerita Tentang Kopi kali ini mengenai Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat, untuk teman-teman yang ingin menjaga kesehatannya. Jangan minum kopi tanpa gula yang berlebihan ya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *