Kopi Toraja Arabika atau juga dikenal sebagai Queen of Coffee merupakan salah satu varian kopi arabika populer yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya di Desa Sapan, Kabupaten Tana Toraja ini memiliki rasa yang khas dan karakter yang unik.

Memiliki nama latin Celeber Kalosi, Kopi Arabika Toraja telah dikenal oleh para pencinta kopi di seluruh dunia. Menjadi salah satu kopi Indonesia yang telah diekspor, bersama-sama dengan kopi gayo, kopi luwak dan yang lainnya.

Sejarah Tentang Kopi Toraja Arabika

Biji Kopi Roasting Toraja Arabika
Biji Kopi Roasting Toraja Arabika, sumber gambar: makassar.tribunnews.com

Cita rasa kopi toraja dikenal sangat nikmat dan khas. Salah satu sebabnya karena ditanam di area pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400 hingga 2100 mdpl, tepatnya di Sapan. Pohon-pohon kopi di daerah ini ditanam berdampingan dengan aneka tanaman rempah, sehingga tak heran jika kopi toraja memiliki aroma rasa yang wangi dan khas.

Perlu Kamu ketahui, bahwa Kopi Toraja telah diekspor sejak tahun 1976 an. Hingga saat ini Kopi Toraja telah merambah pasar Internasional, tak terkecuali Jepang. Di Jepang Kopi Toraja menjadi kopi yang mewah, kurang lebih sekitar 5000 restoran atau cafe di Jepang menyediakan Kopi Toraja.

Tidak hanya dikenal dengan julukan Kalosi Celebes Coffee, Kopi Toraja juga mendapatkan julukan Queen of Coffee oleh masyarakat dunia. Usut punya usut, julukan ini tidak serta merta disematkan untuk kopi arabika yang berasal dari Toraja ini. Melainkan hal tersebut didasari dari rasa dan aroma yang spesial.

Ciri-Ciri Kopi Toraja Arabika

Tahukah Kamu? Kopi Toraja Arabika memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur dengan warna coklat tua. Bentuk ini membuat kopi Toraja tersebut cukup mudah dikenali. Aromanya Kopi Toraja tentunya sangat harum dan khas, bahkan ketika saat pertama kali membuka kemasannya.

Kopi ini memiliki cita rasa aroma buah dengan rasa yang tidak terlalu pahit saat dikonsumsi. Tingkat keasaman Kopi Toraja juga cukup rendah sehingga tidak masalah bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung. Dengan keistimewaan itu, tak heran jika kopi ini memiliki keistimewaan yang membanggakan bagi Indonesia.

Dibalik karakter Kopi Toraja yang spesial dan khas, ada sebuah proses yang tentunya diperhatikan. Salah satunya adalah proses panen Kopi Toraja yang sangat selektif. Dimana hanya buah kopi yang sudah tua yang akan dipanen. Selanjutnya diolah dengan metode giling basah (wet-hull method). Setelah kopi disangrai, disarankan untuk mendiamkannya beberapa hari lebih dulu sebelum akhirnya dihaluskan.

Karena ketinggian tanam Kopi Toraja yang berada pada ketinggian 1400 hingga 2000 mdpl, Kopi Toraja merupakan jenis kopi arabika. Namun sebetulnya, Kopi Toraja lebih dikenal dengan varian arabika dibandingkan robusta. Bahkan Kopi Toraja banyak diidentikkan orang dengan kopi arabika.

Karakter Kopi Toraja

Karakter kopi toraja yang khas adalah body yang tebal dan keasaman rendah. Rasanya dominan cokelat dan earthy. Rasa kopi toraja yang sangat kuat membuatnya menjadi favorit dan dijual dengan harga tinggi di negara-negara Eropa Utara. Bahkan, minuman ini dianggap sebagai minuman mewah.

Sejatinya Karakter Kopi Toraja memiliki rasa yang bersih, mereka secara umum menampilkan ciri karakter rempah-rempah atau kacang-kacangan. Seperti kayu manis atau cardamom (sejenis jahe), dan karakter lada hitam kadang-kadang juga ditemukan. Rasa manis mereka, seperti halnya kebanyakan kopi-kopi Indonesia, berhubungan erat dengan kekentalan kopi.

After taste-nya akan menyelubungi langit-langit mulut di akhir minum kopi, halus dan lembut. Kebanyakan kopi Sulawesi dibudidayakan oleh perkebunan kecil, dengan sekitar 5% berasal dari tujuh perusahaan yang lebih besar Petani-petani Sulawesi menggunakan suatu proses yang unik disebut “giling basah”.

Karakteristik Kopi Toraja Arabika Dari Delta Coffee

Arabika Kalosi Toraja Delta Coffee Roasters

Delta Coffee Roaster menyediakan beberapa Kopi Arabika Asli Indonesia, termasuk diantaranya adalah Kopi Toraja Arabika. Nah produk kopi kami yang satu ini tentunya memiliki karakteristik yang sejatinya tidak jauh beda dengan karakteristik Kopi Toraja pada umumnya.

Berikut beberapa Karakter Kopi Toraja produk Delta Coffee Roaster

  • Profile Roasting : Medium
  • Floral
  • Tea Like
  • Coconut
  • Good Body

Itulah karakter Kopi Toraja dari Delta Coffee Roaster yang juga merupakan produk andalan Kami. Kamu bisa mendapatkan produk Kami atau Kopi Toraja disini.

Kamu juga bisa menemukan produk Kami melalui informasi dibawah ini.

Saran Penyajian Kopi Toraja Arabika

Untuk mendapatkan taste notes atau karakter asli dari Kopi Toraja Arabika tentunya kamu harus menyajikannya dengan benar. Berikut tips dan saran penyajian Kopi Toraja Arabika.

  • Metode : All manual brew, rekomendasi ; Syphon, Aeropress
  • Grind Size : Medium – Medium Fine
  • Ratio : Jika menggunakan Syphon maka menggunakaqn 1:13-15, sementara jika kamu menggunakan Aeropress rationya adalah 1:15.

Bangga Punya Karakter Kopi Toraja Arabika Yang Disukai Mancanegara

Tentunya Kamu juga bangga sekali bukan? Melihat kopi asli Indonesia disukai dan diakui oleh masyarakat mancanegara. Nah itulah informasi tentang Kopi Toraja Arabika yang bisa Kami bagikan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan tentunya makin bangga, makin cinta terhadap kopi asli Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *