Kopi Manis Tanpa Gula Menggunakan V60 – Tentunya kamu sebagai penikmat kopi sudah tahu betapa banyak jenis kopi yang ada di dunia ini. Setiap kopi origin dari masing-masing daerah tentunya memiliki citarasa khas tersendiri. Kopi itu kaya akan citarasanya dan juga kaya akan cara penyajiannya.

Untuk mendapatkan karakteristik kopi seperti yang kita inginkan, tentunya ada teknik dan cara penyajian yang wajib dilakukan. Banyak para penikmat kopi yang memilih cara penyajian kopi menggunakan metode manual brewing, karena dirasa lebih maksimal dalam mengulik suatu citarasa pada kopi tersebut.

Nah salah satunya penyajian kopi menggunakan metode manual brew paling populer adalah Drip V60. Dengan metode manual brew yang satu ini tentunya kamu mampu mengulik lebih dalam suatu karakteristik pada sebuah kopi.

Rahasia Kopi Manis Tanpa Gula Menggunakan V60

Arabika Bali Kintamani
Mengulik rasa manis pada Arabika Bali Kintamani, yang terkenal dengan rasa citrusnya.

Sejatinya setiap kopi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah pada kali ini melalui artikel kopi manis tanpa gula menggunakan V60, kita akan menggunakan Kopi Arabika Bali Kintamani dari Delta Coffee.

Baca juga: Karakteristik Kopi Bali Kintamani

Untuk mengetes berhasil tidaknya teknik penyeduhan pada artikel ini, tentunya kopi yang akan digunakan adalah Kopi Arabika Bali Kintamani. Ya kopi single origin yang satu ini memiliki karakteristik khasnya, yakni citrus. Nah buat kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan salah satu produk best seller dari Delta Coffee di marketplace kesayangan kamu.

Ratio V60

Tentunya untuk menyajikan kopi dengan karakteristik yang kita inginkan ada ratio yang perlu untuk kamu perhatikan. Nah sama halnya dengan informasi yang sedang kita bicarakan kali ini mengenai Rahasia Kopi Manis Tanpa Gula Menggunakan V60. Untuk itu ada ratio yang perlu kamu ketahui, berikut detailnya.

  • Ratio 1 : 17 (1 untuk kopi, dan 17 untuk air)
  • 12 gram bubuk kopi (medium grind)
  • 200 ml air 93° celcius

Teknik Pouring V60 Untuk Mengulik Rasa Manis Pada Kopi Tanpa Gula

Kopi Manis Tanpa Gula Menggunakan V60
Kopi Manis Tanpa Gula Menggunakan V60

Buat kamu yang ingin mendapatkan kopi manis gunakanlah metode pouring V60 seperti dengan ketentuan di bawah ini.

1. Pouring pertama : 00:00 30 ml

Gunakanlah pouringan pertama di dua kali berat kopinya, sehingga jika berat kopi yang digunakan sebanyak 12 gram kemudia dikalikan 2, totalnya adalah 24. Dibulatkan saja menjadi 30, sehingga pada pouringan atau tuangan pertama sebanyak 30 ml.

2. Pouring kedua : 01:00 85 ml

Kemudian jika 200 ml dikurangin penggunaan pouring pertama yakni 30 ml maka sisanya adalah 170 ml. Nah pada metode pouring V60 kali ini kamu menggunakan 3 kali pouringan. Sehingga 170 ml sisa air akan dibagi 2 untuk pouringan kedua dan pouringan ketiga.

Dengan demikian 170 dibagi menjadi 2, hasilnya adalah 85. Jadi tuangan kedua pada menit pertama (02:00) sebanyak 85 ml.

3. Pouring ketiga : 02:00 85 ml

Kemudian untuk pouringan terakhir, tuangkan sebanyak 85 ml pada menit kedua (02:00). Sehingga dengan demikian penggunaan air sebanyak 200 ml pas

4. Selesai di Menit Ketiga (03:00)

Pada menit ketiga (03:00) pouring V60 selesai, silahkan bisa kamu angkat v60nya. Dan kopi bisa kamu coba.

Teknik Pouring V60 Untuk Mengulik Rasa Asam Pada Kopi

Nah buat kamu yang ingin mengulik rasa asam menggunakan brewing V60, bisa menggunakan teknik pouring di bawah ini. Sebetulnya cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya untuk mendapatkan rasa manis pada kopi. Namun yang membedakannya adalah teknik pouring dan ratio airnya, berikut detail informasinya.

1. Pouring pertama (00:00) : 40 ml

Gunakanlah pouringan pertama di berat kopinya, sehingga jika berat kopi yang digunakan sebanyak 12 gram kemudia dikalikan 2, totalnya adalah 24. Dibulatkan saja menjadi 40, ratio air yang dituangkan pada tahap pertama kali ini tentunya lebih banyak jika dibandingkan dengan tahap pertama saat mengulik rasa manis..

2. Pouring kedua (01:00) : 80 ml

Kemudian jika 200 ml dikurangin penggunaan pouring pertama yakni 40 ml maka sisanya adalah 160 ml. Nah pada metode pouring V60 kali ini kamu menggunakan 3 kali pouringan. Sehingga 160 ml sisa air akan dibagi 2 untuk pouringan kedua dan pouringan ketiga.

Dengan demikian 160 dibagi menjadi 2, hasilnya adalah 80. Jadi tuangan kedua pada menit pertama (02:00) sebanyak 80 ml.

3. Pouring ketiga (02:00) : 80 ml

Kemudian untuk pouringan terakhir, tuangkan sebanyak 80 ml pada menit kedua (02:00). Sehingga dengan demikian penggunaan air sebanyak 200 ml pas

4. Selesai di Menit Ketiga (03:00)

Pada menit ketiga (03:00) pouring V60 selesai, silahkan bisa kamu angkat v60nya. Jangan lupa untuk mengaduk hasil seduhannya sebelum dinikmati, selamat mencoba.

Tips Pouring V60

Untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan, tentunya ada tips dan teknik yang perlu kamu perhatikan.

  1. Flush terlebih dahulu papper filter yang akan digunakan
  2. Gunakanlah ukuran gilingan bubuk sedang (medium grind)
  3. Gunakan suhu air yang dianjurkan, yakni 93° Celcius

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai Rahasia Kopi Manis Tanpa Gula Menggunakan V60. Semoga bisa memberikan wawasan kamu mengenai dunia perkopian, jangan lupa ngopi hari ini. Sruput kopinya dulu ngab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *