Kopi Itu Tidak Sehat – Benarkah demikian? Tapi sebelum membahas hal itu, tentu Kamu harus mengenali terlebih dahulu kandungan dari Kopi. Di Indonesia, kopi sudah dekat dihati masyarakat, setiap acara, setiap kegiatan, kopi selalu menjadi andalan minuman untuk menemani kegiatan tersebut.

Kopi dikenal sebagai minuman nikmat yang mampu mencegah rasa kantuk. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kopi yang tersebar di penjuru Indonesia. Indonesia sendiri menduduki peringkat 4 dunia dalam hasil kopinya. Nah apakah benar demikian Kopi itu tidak Sehat?

Kopi Itu Tidak Sehat?

Kopi Itu Tidak Sehat
Kopi Itu Tidak Sehat, sumber: pixabay/muhamed_hassan

Tahukah Kamu? Senyawa kimia kafein yang sering dituding membawa bahaya ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan loh. Berikut manfaat kafein yang terdapat di Kopi untuk kesehatan.

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan performa olahraga
  • Mencegah penurunan fungsi otak

Memang tidak dipungkiri juga, jika Kopi dapat menjadi tidak sehat bila cara penyajiannya yang salah. Lalu bagaimana cara penyajian kopi yang benar supaya tidak menjadi “Kopi Tidak Sehat”.

Cara Penyajian Kopi Yang Baik

Simak beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan dalam penyajian kopi yang baik dan sehat.

1. Takaran Kopi

Profesor Budhi Setianto Purwowiyoto Dokter yang merupakan spesialis jantung dan juga pembuluh darah berpendapat jika takaran minum kopi yang wajar setiap harinya adalah 3-4 cangkir. Satu cangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 100 miligram (mg) kafein.

Menurut Prof Budhi konsumsi kafein kurang dari 500 mg per hari secara umum seharusnya aman untuk kesehatan. Namun bagi beberapa orang yang peka terhadap kafein.

2. Perhatikan Bahan Campuran

Seiring berjalannya waktu, kopi terus memiliki inovasi variasi rasa. Hal ini dikarenakan kopi kini ditujukan juga untuk kaum anak muda. Biasanya kopi kekinian yang dijual tersebut disajikan dengan tambahan bahan perasa alias bukan lagi kopi murni.

Bahan campuran tersebut biasanya adalah gula, susu, ataupun sirup, inilah yang tentunya perlu diwaspadai oleh para kalangan anak muda tersebut. Jadi bukan kopinya, melainkan campuran yang diseduh bersama kopi tersebut. Kopi itu tidak sehat?

“Sebenarnya yang sering menimbulkan efek tidak baik justru bukan kopinya, misalnya gula, krimer atau susu tinggi lemak, ataupun cemilan sambil ngopinya,” komentar dr Ayu yang dilansir dari situs health.detik.com.

3. Ngopi Tanpa Gula

Buat yang obesitas, maupun sedang melakukan program diet tentunya tak perlu takut untuk mengkonsumsi kopi. Karena pada dasarnya kopi mampu menurunkan berat badan bila, tidak ditambahkan pemanis, alias kopi tanpa gula. Serius? kopi tanpa gula kan pahit banget?

Baca juga: Kopi Keto, Kopi Untuk Diet Masa Kini

Tidak, bila kopi yang Kamu nikmati berjenis Arabika. Berbeda dengan kopi robusta yang memiliki rasa pahit, kopi arabika justru memiliki rasa yang tidak pahit. Sehingga kopi arabika bisa langsung Kamu minum tanpa gula. Namun jangan salah, kopi robusta juga bisa digunakan sebagai sarapan di pagi hari dengan cara membuat Bulletproof Coffee.

Baca juga: Cara Membuat Bulletproof Coffee

Bulletproof coffee juga dipercaya mampu membuat tubuh jadi lebih segar dan memberikan rasa kenyang hingga siang hari. Gak percaya? cobain sendiri deh di rumah. Jadi kopi itu tidak sehat?

4. Kopi panas vs kopi dingin

Tahukah Kamu? Menurut penelitian yang dilakukan ilmuan dan ahli kimia di Philadelphia University dan Thomas Jefferson University misalnya menyebut kopi panas lebih sehat karena memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Penyebabnya adalah proses pembuatannya atau lebih sering disebut brewing.

Sementara itu laporan dari American Heartburn Alliance menyebut bahwa 75 persen penderita mag merasa tak nyaman dengan minum kopi panas. Alasannya karena kandungan asam pada kopi dingin diklaim tidak lebih banyak dari kopi panas.

Jadi mana yang lebih sehat? Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi kamu.

5. Waktu minum kopi

Perlu Kamu perhatikan, supaya kandungan kafein dalam kopi tidak menggangu tubuh, ada waktu tertentu yang disarankan oleh para ahli dalam mengkonsumsi kopi.

Sebuah penelitian yang dilansir melalui National Center for Biotechnology Information menyebutkan bila kopi sebaiknya diminum satu jam setelah bangun tidur. Mengapa? karena saat baru bangun tubuh sedang memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah tinggi. Jadi sampai disini, apakah Kopi Itu Tidak Sehat?

Baca: 9 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Bagaiamana, Kopi Itu Sehat atau Tidak Sehat?

Perlu Kamu ketahui, Kopi masuk sebagai Healthy Beverage, karena memiliki kandungan kafein dan antioksidan. Jadi Kopi itu tidak sehat atau Sehat kembali lagi pada penikmatnya. Kembali kepada cara penyajiannya, kepada pembuatnya, karena ngopi itu sejatinya bisa membuat bahagia orang, entah itu vlogger, blogger, pengusaha, mahasiswa, atau lainnya.

Nah itulah Cerita Seputar Kopi kali ini mengenai Kopi Itu Tidak Sehat atau tidak sehat. Bantu Kami membagikan informasi penting kali ini melalui media sosial yang Kamu miliki. Jika ada yang perlu dipertanyakan seputar kopi tidak sehat, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *