Kopi Indonesia Yang Mendunia – Tahukah Kamu? Indonesia memiliki perkebunan kopi dengan luas yang mencapai 1,2 hektar. Sehingga Indonesia pada tahun 2016 mampu menghasilkan kopi 640.000 ton dengan produktivitas 707kg/hektarnya.

Tak heran bila Indonesia menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia dan menjadi salah satu penyuplai kebutuhan kopi dunia sebanyak 7%.

Menurut data Kementerian Pertanian RI (Kementan RI), Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brasil dan Kolombia. Pemerintah menyatakan setidaknya ada 16 jenis kopi yang diminati pasar internasional. Bertepatan dengan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap 1 Oktober, yuk kenali tujuh kopi yang paling favorit berikut ini.

Kualitas Kopi Indonesia Yang Mendunia

Kopi Indonesia Yang Mendunia
Kopi Indonesia Yang Mendunia

Jika kita berbicara mengenai Indonesia, tentunya kita patut berbangga karena kita semua tahu bahwa Indonesia kaya akan produksi kopi. Bukan hanya sekedar sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, kualitas kopi Indonesia tentunya tidak kalah jika dibandingkan dengan kualitas kopi dari negara penghasil kopi lainnya.

Kopi atau Coffee (Bahasa Inggris) merupakan salah satu minuman yang paling eksis dari dulu hingga sekarang. Di dunia, kopi memiliki berbagai jenis yang bisa Anda temukan. Tak terkecuali di Indonesia, yang memiliki jenis kopi asli Indonesia. Kopi umumnya berbentuk bubuk, namun sebenarnya kopi bubuk berasal dari biji-bijian kopi yang sudah diolah dengan beragam cara.

Dari cara pengolahan kualitas biji kopi tersebut menghasilkan cita rasa dan aroma yang berbeda-beda. Jadi tidak heran bila penikmat kopi Indonesia menjangkau berbagai kalangan di seluruh dunia. Menjawab kebutuhan tersebut PT Taman Delta Indonesia men- Jual Kopi Bubuk Terbaik di Indonesia.

Kopi Indonesia yang dijual di PT Taman Delta Indonesia di proses dengan berbagai metode serta Quality Control Management yang baik. Sehingga menghasilkan kopi yang berkualitas dengan cita rasa dan aroma yang berbeda-beda.

Kopi Indonesia Yang Dikenal Dunia

Kopi Indonesia pada umumnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tak terkecuali dengan jenis kopinya. Ciri khas alam setiap wilayah di Indonesia yang berbeda-beda menghasilkan beragam varian kopi dengan keunggulan yang masing-masing.

Di Indonesia Kamu bisa menemukan kopi dengan jenis Arabika, Robusta, Liberika dengan ciri khas yang masing-masing. Berikut beberapa Kopi Indonesia yang memiliki kualitas bagus di mata dunia. Keberagaman kopi Indonesia mulai diakui dunia, lalu mana saja kopi Indonesia yang telah dikenal dunia?

1. Kopi Gayo, Aceh

Sesuai dengan namanya, varian kopi Indonesia yang satu ini berasal dari Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Aceh. Kopi Gayo merupakan kopi dengan jenis kopi arabika, dimana kopi ini berasal dari Negeri Serambi. Kopi Gayo memiliki tekstur yang encer tidak terlalu pekat. Tingkat keasamannya sendiri pun terbilang seimbang.

Jenis Kopi Indonesia yang satu ini tentunya sangat cocok dan pas untuk penikmat kopi pemula. Apalagi jika dipadukan dengan tela rebus hangat, wah pas banget tentunya. Hingga saat ini pasar Amerika dan Eropa masih meminati kopi lokal Indonesia yang satu ini.

Karakteristik Khas Kopi Gayo Aceh

  • Tropical Fruit
  • Long Sweet Aftertaste
  • Good Mouthfeel

Dapatkan Kopi Gayo yang berkualitas hanya https://tamandelta.com/ untuk link pembeliannya bisa klik Kopi Gayo.

2. Kopi Java Preanger, Jawa Barat

Di kalangan penikmat kopi, orang mengenal Kopi Java Prenger berasal dari Jawa Barat. Ya benar, memang tidak salah, karena sejak zaman Belanda, kopi terkenal yang satu ini sangat dikenal dengan sebutan “Java”.

Sedangkan Preanger diambil dari daerah asal kopi ini pertama kali ditanam, yakni di daerah Priangan. Tak heran julukan Java Preanger ini telah dikenal oleh para pegiat kopi hingga saat ini.

Mengenai karakter dan kualitas, kopi Indonesia dari Jawa Barat ini tidak perlu diragukan lagi. Karena tidak tanggung-tanggung lagi, kopi Java Preanger telah di ekspor ke berbagai penjuru dunia seperti Australia dan beberapa negara-negara di Eropa.

Karakteristik Kopi Java Preanger

  • Cake Aroma
  • Moderate Acidity
  • Tropical Fruit
  • Medium Body

Baca selengkapnya: Karakter Kopi Java Preanger

Dapatkan Kopi Java Preanger dengan kualitas yang baik hanya di tamandelta.com.

3. Kopi Kintamani, Bali

Kopi Kintamani yang berasal dari Bali menjadi salah satu Kopi Indonesia yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Tujuan ekspor utama kopi Kintamani memang di tiga negara tersebut.

Rasanya yang unik yang di dominasi oleh asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang. Mampu membuat penikmat kopi dari berbagai penjuru di dunia menyukai kopi Indonesia ini.

Karakter Kopi Indonesia Dari Bali

  • Citrus
  • Tropical Sweetness
  • Good Mouthfeel

Baca selengkapnya mengenai Karakter Kopi Bali hanya di Majalah Taman Delta. Dapatkan kopi Kintamani Bali hanya di tamandelta.com melalui link Kopi Bali.

4. Kopi Toraja, Sulawesi Selatan

Perlu Kamu ketahui, varietas kopi Indonesia yang satu ini memiliki banyak peminat dari berbagai negara loh. Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi Toraja diantaranya adalah Amerika dan Jepang. Jenis kopi ini sendiri memiliki karakteristik yang unik, hal ini sesuai dengan kebiasaan minum kopi di sana.

Kopi Toraja biasanya tidak menyisakan after taste pahit, after taste pahit ini bagi sebagian orang dirasa sangat mengganggu. Namun tidak dengan Kopi Arabika Toraja, sensasi pahit yang ditimbulkan biji kopinya hanya ada di awal dan akan hilang dalam sekali teguk.

Karakter Kopi Toraja, Indonesia

  • Floral
  • Tea Like
  • Coconut
  • Good Body

Baca selengkapnya: Karakter Kopi Toraja

Dapatkan Kopi Toraja dengan kualitas yang baik hanya di tamandelta.com.

5. Kopi Bajawa, Flores

Jenis kopi arabika memang dapat ditemukan diberbagi penjuru Indonesia. Meskipun begitu, kopi Indonesia dengan jenis arabika varietas Flores memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan berbeda dengan varietas arabika lainnya.

Jenis Kopi Indonesia yang mendunia satu ini memiliki kekentalan yang cukup pekat namun dengan tingkat keasaman yang rendah. Dengan cita rasa kopi tersebut, kopi asal Flores ini mampu mendapatkan tempat di pasar negara-negara di Eropa dan juga Amerika Serikat.

Karakteristik Khas Kopi Indonesia Asal Flores

  • Chocolate
  • Nutty
  • Tropical Fruit
  • Medium Body

Dapatkan kopi Indonesia asal Flores yang berkualitas hanya di tamandelta.com atau klik Kopi Flores.

6. Kopi Wamena, Papua

Kekayaan melimpah di tanah Papua sudah bukan menjadi rahasia umum di Indonesia. Mulai dari barang tambang, hasil laut, keindahan panorama, hingga perkebunan yang menghasilkan biji kopi yang nikmat. Ada dua kawasan penghasil kopi terbesar di Papua, yaitu di Nabire dan Wamena.

Perkebunan kopi Papua di Wamena terletak di sepanjang lembah yang letaknya mengelilingi Kota Wamena, Lembah Baliem. Lembah tersebut letaknya ada di sisi timur Gunung Jayawijaya dengan panjang kurang lebih 80 km.

Kopi Indonesia asal Papua ini sangat diminati oleh beberapa negara termasuk diantaranya adalah Australia dan Selandia Baru. Karakter Kopi Papua yang khas menjadikan kopi ini tidak hanya diminati didalam negeri saja tentunya.

Karakter Kopi Indonesia Dari Papua

  • Sweet Corn
  • Mild
  • Low Acid
  • Good Body

Dapatkan Kopi Papua yang berkualitas hanya di tamandelta.com, supplier dan produsen kopi terlengkap di Indonesia.

7. Kopi Luwak

Berbeda dengan jenis kopi Indonesia yang mendunia lainnya, varian kopi Indonesia yang satu ini dikenal dunia bukan karena asal daerah penghasilnya. Melainkan kopi ini dikenal sebagai kopi dengan harga termahal di dunia, dengan harga yang mencapai US$80 per cangkirnya. [Sumber: https://www.nationalgeographic.com/news/2016/04/160429-kopi-luwak-captive-civet-coffee-Indonesia/].

Harga yang diberikan kepada kopi luwak ini bukan tanpa alasan. Proses untuk menghasilkan kopi luwak yang terbilang unik dan tidak mudah menjadikan kopi Indonesia yang satu ini memiliki harga pasaran yang mahal.

Karakter Kopi Luwak Indonesia

  • Unique Flavor
  • Cocoa
  • Full Body
  • Great Aftertaste

Dapatkan Kopi Luwak Asli hanya di tamandelta.com, supplier kopi dan produsen kopi terlengkap di Indonesia.

Mana Kopi Indonesia Favorit Kamu?

Tentunya kita sebagai warga negara Indonesia wajib bangga punya banyak varietas kopi Indonesia yang diminati oleh berbagai negara di dunia. Jadi mana kopi Indonesia yang pernah atau sering kamu coba dan menjadi kopi favorit kamu? Tulis di kolom komentar ya.

Itulah informasi tamandelta.com kali ini mengenai 7 Kopi Indonesia Yang Mendunia. Semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan kamu ya. Bagikan artikel ini melalui media sosial yang Kamu miliki, terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *