Kopi Arabika – Tahukah Kamu? Jenis kopi yang satu ini merupakan salah satu varietas terbesar di Indonesia. Banyak bisnis kopi atau coffee shop di Indonesia yang menggunakan kopi arabika. Di Indonesia sendiri dari Aceh hingga Papua memiliki daerah penghasil kopi arabika.

Pada setiap daerah memiliki ciri khas atau karakteristik Kopi Arabika yang berbeda-beda. Perlu Kamu ketahui, daerah penghasil Kopi Arabika terbaik di Indonesia berasal dari Gayo, Kintamani, Parahyangan, Manggarai, Kalosi, Lintong, Mandailing, hingga Wamena.

Penasaran bagaimana karakteristik Kopi Arabika terbaik di Indonesia? Untuk itu simak selengkapnya artikel ini.

Penghasil Kopi Arabika Terbaik di Indonesia

Cashback Kopi Arabika Terbaik di Indonesia
Cashback Kopi Arabika Terbaik di Indonesia

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Kopi Arabika pada setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah berikut beberapa daerah penghasil Kopi Arabika terbaik di Indonesia.

1. Gayo

Tahukah Kamu?  Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan. Kopi yang satu ini berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah. Konsumen kopi gayo sendiri bukan berasal dari masyarakat Indonesia saja, melainkan juga masyarakat Internasional.

Karakteristik yang dimiliki kopi arabika terbaik dari Gayo inilah yang mampu membuat kopi ini menjadi primadona. Lalu bagaimana karakteristik Kopi Gayo? Berikut karakter atau taste notes dari Kopi Gayo.

Karakteristik Kopi Arabika Gayo

  • Tropical Fruit
  • Long Sweet Aftertaste
  • Good Mouthfeel
  • Spice
  • Tingkat keasaman : tinggi
  • Body : sedang

Beli Kopi Gayo Disini

2. Priangan atau Parahyangan

Penghasil Kopi Arabika Terbaik di Indonesia yang berikutnya berasal dari Jawa Barat, lebih tepatnya Tanah Priangan atau Parahyangan. Ya kopi arabika terbaik di Indonesia yang berasal dari sini dikenal dengan Kopi Java Preanger.

Kopi Java Preanger menjadi kopi yang enak untuk dinikmati kala kita berkunjung ke kedai kopi. Penyebaran perkebunan kopi java preanger di Jawa Barat ini sendiri meliputi wilayah Gunung Cikuray, Papandayan, Malabar, Caringin, Tilu, Patuha, Halu, Beser, Burangrang, Tangkuban Perahu, dan Manglayang. [Sumber: kompasiana/Heru Riswan]

Karakteristik Kopi Arabika Java Preanger

Lalu bagaimana karakteristik Kopi Arabika Terbaik di Indonesia yang satu ini? Berikut beberapa ciri khas dari Kopi Java Preanger.

  • Fermented hint
  • Medium Acid
  • Sugar browning
  • Body : cukup rendah

Beli Kopi Java Preanger Disini

3. Kintamani, Bali

Bali atau yang lebih Kita kenal dengan Pulau Dewata memang tidak perlu ditanyakan lagi akan kekayaan alam, budaya, dan sejarahnya. Tapi Bali bukan sekedar tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam dan budayanya saja. Lebih dari itu, alam bali sangat kaya, termasuk hasil kopinya.

Ya Kopi Arabika yang berasal dari Bali, lebih tepatnya di Kecamatan Kintamani, dekat Gunung Batur, Kabupaten Bangli. Jenis kopi arabika terbaik di Indonesia ini ditanam pada ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Asam segar seperti jeruk (citrusy) merupakan Karakteristik dari Kopi Bali Kintamani yang paling dikenal. selain itu aromanya yang eksotis dengan rasa jeruk yang dominan tersebut, menjadikan minum kopi yang satu ini tidak meninggalkan bekas (aftertaste) di mulut.

Baca selengkapnya: Karakteristik Kopi Bali Kintamani Terpopuler

Tak hanya itu saja, Body dari Kopi Bali Kintamani juga terbilang sedang, serta tingkat keasaman yang rendah membuat kopi ini tentunya cocok dengan Anda tidak menyukai kopi.

Beli Kopi Bali Kintamani Disini

4. Kalosi

Jenis Kopi Asli Indonesia yang satu ini ternyata sudah diminati oleh pasaran manacanegara loh. Salah satunya Kopi Arabika terbaik di Indonesia yang berasal dari Kalosi. Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor Kopi Toraja diantaranya seperti Amerika dan Jepang.

Jenis kopi arabika terbaik di Indonesia yang satu ini sendiri memriliki karakteristik yang unik, hal ini sesuai dengan kebiasaan minum kopi di sana.

Kopi Kalosi biasanya tidak menyisakan after taste pahit, after taste pahit ini bagi sebagian orang dirasa sangat mengganggu. Namun tidak dengan Kopi Arabika Toraja, sensasi pahit yang ditimbulkan biji kopinya hanya ada di awal dan akan hilang dalam sekali teguk.

Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi cenderung punya rasa earthy, alias bersahaja. Kandungan keasaman dari Kopi Arabika Toraja terbilang cukup rendah. Bagaimana? mau coba jenis kopi asli Indonesia yang satu ini?

Beli Kopi Arabika Kalosi Disini

5. Manggarai, Flores

Jenis kopi arabika memang dapat ditemukan diberbagi penjuru Indonesia. Meskipun begitu, Jenis Kopi Arabika yang berasal dari Manggarai, Flores memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan berbeda dengan yang lainnya.

Jenis Kopi Asli Indonesia yang satu ini memiliki kekentalan yang cukup pekat namun keasamannya rendah. Tak heran Kopi dari daerah eksotis yang satu ini menjadi salah satu Kopi Arabika Terbaik di Indonesia.

Lalu bagaimana karakter dari Kopi Arabika Flores ini?

  • Chocolate
  • Nutty
  • Tropical Fruit
  • Medium Body
  • Medium Acid

Beli Kopi Arabika Flores Disini

6. Wamena, Papua

Daerah penghasil Kopi Arabika terbaik di Indonesia yang berikutnya adalah Wamena, Papua. Kopi papua wamena terkenal memiliki rasa yang balance dan smooth. Aroma yang dihasilkan bernuansa cokelat dan floral yang cukup harum, body medium, sweetness yang sedang, dan keasaman yang rendah.

Selain itu, jenis ini pun menghasilkan flavor note yang cenderung earthy dengan sensasi herbal dan aftertaste yang terasa smokey.

Rasa kopi papua wamena tergolong sangat unik karena jarang sekali kopi Indonesia memiliki sensasi floral. Banyak grader yang berpendapat, bahwa munculnya aroma tersebut dipengaruhi oleh kondisi penanaman yang tidak menggunakan pestisida dan senyawa kimia apapun.

Baca selengkapnyaKarakteristik Kopi Papua Wamena (Arabica Coffee)

Beli Kopi Arabika Flores Disini

Disclaimer: penilaian atau penetapan terbaik pada artikel ini di dasari dari tingkat paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Dapatkan Kopi Arabika Terbaik di Indonesia lengkap dari berbagai daerah di penjuru Indonesia hanya di PT Taman Delta Indonesia. Beli dengan mudah melalui website Kami ini atau market place kesayangan Kamu.

Daerah Penghasil Kopi Arabika Terbaik di Indonesia Lainnya

Sebetulnya tidak hanya 6 daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan kopi arabika terbaik. Melainkan masih banyak daerah yang belum Kami sebutkan, berikut beberapa daerah tersebut.

  1. Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara (Kopi Lintong)
  2. Mandailing, Sumatera (Kopi Mandailing/Mandheling)
  3. Bejawa, Kabupaten Ngada, NTT (Kopi Yellow Caturra)

Lalu Mana Kopi Arabika Terbaik di Indonesia Yang Paling Populer?

Kopi Arabika Terbaik di Indonesia
Kopi Arabika Terbaik di Indonesia

Nah itulah Kopi Arabika Terbaik di Indonesia versi Taman Delta Indonesia. Lalu manakah kopi arabika diatas yang paling populer? Berikut Kopi Arabika yang paling populer di penjualan Kami dan memang paling populer di kenal oleh masyarakat Indonesia dan Mancanegara.

  • Kopi Gayo
  • Kopi Bali Kintamani

Itulah informasi yang bisa Kami sampaikan mengenai Kopi Arabika Terbaik di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ini melalui media sosial yang Kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *