Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan – Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa sih hobi minum kopi? Memang apa manfaatnya kopi untuk tubuh kita? Tapi sebelum menjawab pertanyaan itu alangkah lebih baiknya bila Kamu mengetahui apa itu Kopi, khususnya Kopi Robusta.

Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Kopi Robusta bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-700 mdpl, dengan temperatur 21-24° C, bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman.

Mengenal Kopi Robusta Lebih Dekat

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan
Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan

Sebelum Kamu kepo dengan Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan, setidaknya Kamu tahu sedikit tentang apa itu kopi robusta. Kopi robusta merupakan jenis kopi yang ditemukan pada 1870an yang tumbuh liar di Kongo. Sekitar 26 persen dari dunia perdagangan kopi Robusta terdiri dari biji kopi. Saat ini Kopi jenis Robusta terutama dibudidayakan di Afrika Barat dan Asia Tenggara.

Tanaman Robusta merupakan tanaman yang tumbuh pada ketinggian rendah (permukaan laut sampai 600 meter). Tanaman ini tahan kelembaban dan lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan jenis Kopi Arabika (Arabica). Kopi Robusta matang dalam waktu sekitar setengah dari waktu yang dibutuhkan kopi Arabika dan bisa menghasilkan hampir dua kali lebih banyak buah kopi.

Berbeda dengan biji kopi Arabika, biji kopi Robusta tidak jatuh dari pohonnya disaat menjadi matang. Robusta juga digunakan untuk kopi secara komersial baik dalam bentuk kaleng maupun instant kopi sachetan. Hal ini dikarenakan biaya produksi kopi robusta di klaim lebih murah. Belum lagi karakter robusta yang strong dan bold sangat cocok dilidah masyarakat Indonesia.

Namun pada Cerita Seputar Kopi kali ini Kami tidak akan membahas Kopi Robusta lebih detail, karena ini segmennya Khasiat Kopi Robusta. Untuk itu bila Kamu penasaran dengan Kopi Robusta, cek informasi dibawah ini.

Baca: Mengenal Kopi Robusta

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan

Ternyata mengonsumsi kopi robusta memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Terlebih lagi jika anda seringkali menikmati kopi jenis robusta. Berikut Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan :

1. Menghambat Penuaan Dini

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang pertama adalah bisa menghambat penuaan dini. Serius, siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Tentu setiap orang ingin terlihat muda meskipun usia sudah tidak lagi muda. Namun riset dari para ahli membuktikan bahwa meminum kopi sebanyak 2-3 setiap harinya bisa menghambat proses penuaan dini sebanyak 10% jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang kedua adalah mampu mengurangi resiko kanker. Tahukah Kamu? minum kopi setiap hari ternyata mampu mengurangi resiko terserang kanker prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas. Penyimpulan tersebut terbukti hampir mendekati hasil riset 100%, namun rasanya para penikmat kopi dapat merasa lega karena kopi dapat mengurangi resiko penyakit kanker karena terdapatnya asam antioksidan yang meproteksi tubuh dari kanker serta beberapa penyakit lainnya. Sejumlah studi yang melibatkan sebanyak 67 ribu wanita yang mengonsumsi sebanyak 4 cangkir kopi setiap harinya, sejumlah 25 % diantaranya telah terhindar dari resiko kanker.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang ketiga adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Mengonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena khasiatnya sebagai pelindung kardiovaskular dalam tubuh. Sebuah hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 41 ribu wanita yang mengonsumsi kopi setiap hari, telah terbukti terhindar dari resiko gagal jantung. Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh para pria.

4. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Tahukah Kamu? Kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. dengan adanya kandungan nitrit oksida dalam endothelium yang mampu memperkuat sistem otot. Kafein dalam kopi mampu menaikkan tekanan darah, namun dalam hal ini hanya terjadi dalam waktu yang relative singkat “short-term”. Setelah kafein selesai diproses dalam tubuh, maka tekanan darah akan normal kembali.

Baca juga: Jenis Kopi Robusta Indonesia

5. Mengurangi Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan yang terakhir adalah mampu mengurangi kolestrol jahat. Antioksidan yang terdapat di dalam kopi mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. Selain itu juga mampu mengurangi resiko peradangan yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Di dalam sebuah studi kasus, para penikmat kopi diminta menambah konsumsi kopi dari biasanya yakni sebanyak 8 cangkir setiap harinya.

Ternyata hal tersebut dapat meningkatkan rasio kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) sebanyak 8 %. Sumber referensi: kupastuntas.co

Tentunya kelima Khasiat Kopi Robusta untuk kesehatan bisa dirasakan bila diiringi dengan gaya hidup yang sehat juga. Jangan sampai salah kaprah, bila setelah minum kopi terus menerus bisa langsung mendapatkan kesehatan yang diinginkan.

Nah itulah Cerita Seputar Kopi kali ini mengenai Khasiat Kopi Robusta Untuk Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa ngopi. Bagikan informasi ini melalui media sosial yang Kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *