karakteristik Kopi Papua Wamena – Halo sobat Taman Delta Indonesia, kali ini Kami akan mengulas tentang bagaimana sih rasa taste notes, body, dari Kopi Papua Wamena. Bagi yang penasaran dengan Kopi Arabika Papua Wamena, gak salahnya dong meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Mungkin bagi pecinta kopi, tentunya sudah tidak asing lagi dong dengan kopi yang satu ini. Atau mungkin sudah pernah nyobain Kopi Papua Wamena? Nah bagi yang belum tahu atau bahkan belum pernah merasakan dari Kopi Papua Wamena, tak perlu khawatir atau minder. Karena seperti yang Kami bilang, Kami akan mengulas Karakteristik Kopi Papua Wamena. Bagaimana rasa dari kopi yang satu ini? Apakah cocok dengan selera dan karakter Kamu?

Karakteristik Kopi Papua Wamena

Karakteristik Kopi Papua Wamena (Kopi Arabika)
Karakteristik Kopi Papua Wamena (Kopi Arabika)

Sebelum Kamu kepoin karakteristik Kopi Papua Wamena, alangkah lebih baiknya bila Kamu harus tahu sejarah dari kopi ini.

Sejarah Kopi Kopi Papua Wamena

Jika dilihat dari sudut perkembangan kopi yang ada di Indonesia, tentunya kita dapat melihat ada banyak jenis kopi yang cukup dikenal di Indonesia. Salah satunya adalah jenis Kopi Papua Wamena. Kopi yang sedang Kita bicarakan ini merupakan jenis kopi Arabika yang berasal dari Wamena Papua. Lebih tepatnya Kopi Papua Wamena berasal dari Kota Wamena, Lembah Baliem, Provinsi Papua.

Kekayaan melimpah di tanah Papua sudah menjadi rahasia umum di Indonesia. Mulai dari barang tambang, hasil laut, keindahan panorama, hingga perkebunan yang menghasilkan biji kopi yang nikmat. Ada dua kawasan penghasil kopi terbesar di Papua, yaitu di Nabire dan Wamena.

Perkebunan kopi Papua di Wamena terletak di sepanjang lembah yang letaknya mengelilingi Kota Wamena, Lembah Baliem. Lembah tersebut letaknya ada di sisi timur Gunung Jayawijaya dengan panjang kurang lebih 80 km.

Tanaman kopi di Lembah Baliem ditanam pada ketinggian 1.200 hingga 1.600 mdpl. Tanah perkebunannya merupakan tanah vulkanik dan suhunya mencapai 15 °C saat malam hari. Kondisi ini sangat baik untuk bercocok tanam.

Jenis yang dibudidayakan di Wamena Papua, adalah jenis arabika yang memang ideal ditanam pada ketinggian 1.000 mdpl ke atas. Secara umum, semakin tinggi tanah tempat tanaman kopi tumbuh, semakin baik pula kualitas buahnya.

Baca juga: 2 Karakteristik Kopi Bali Kintamani Terpopuler

Bagaimana Karakteristik Kopi Papua Wamena?

Tahukah Kamu? Kopi Papua Wamena berasal dari Lembah Baliem dengan ketinggian 1.200 hingga 1.600 mdpl. Nah kembali lagi ke pembahasan utama, seperti apa sih rasa atau karakteristik dari Kopi Papua Wamena? Berikut beberapa Karakteristik kopi Papua Wamena yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Oh iya, Kopi Papua Wamena masuk kedalam Jenis Kopi Arabika (Arabica Coffee).

Karena berasal dari jenis Kopi Arabika, karakter Kopi Papua Wamena tentu memiliki rasa asam dan aroma yang khas. Tapi bila Kita bandingkan dengan jenis kopi arabika Papua lainnya, tingkat keasaman atau acidity Kopi Papua Wamena cenderung lebih rendah.

Kopi papua wamena terkenal memiliki rasa yang balance dan smooth. Aroma yang dihasilkan bernuansa cokelat dan floral yang cukup harum, body mediumsweetness yang sedang, dan keasaman yang rendah. Selain itu, jenis ini pun menghasilkan flavor note yang cenderung earthy dengan sensasi herbal dan aftertaste yang terasa smokey.

Rasa kopi papua wamena tergolong sangat unik karena jarang sekali kopi Indonesia memiliki sensasi floral. Banyak grader yang berpendapat, bahwa munculnya aroma tersebut dipengaruhi oleh kondisi penanaman yang tidak menggunakan pestisida dan senyawa kimia apapun.

Jual Kopi Arabika Terlengkap

Karakter Kopi Papua Wamena Lainnya

Jual Kopi Papua Wamena

Berikut beberapa karakteristik Kopi Papua Wamena yang menjadi ciri khas kopi arabika yang satu ini.

  1. Sweet Corn: cita rasa rempah-rempah yang khas yang berpadu dengan rasa jagung manis inilah yang menjadi karakter Kopi Papua Wamena.
  2. Mild Low: seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya, Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah.
  3. Good Body: karakteristik Kopi Papua Wamena yang berikutnya adalah tingkat bodynya yang terbilang tidak begitu berat.

Cara Penyajian Kopi Papua Wamena

Cara penyajian kopi Papua Wamena sendiri bisa Kamu lakukan dengan mengunakan beberapa metode. Berikut beberapa metode penyajiannya.

  • All Manual Brew
  • Frenchpress
  • Tubruk

Beli Kopi Papua Wamena Dimana?

Nah bagi Kamu yang sedang ingin mencoba karakter Kopi Papua Wamena, bisa Kamu dapatkan di Taman Delta. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan Kopi Papua Wamena Taman Delta Indonesia melalui Marketplace kesayangan Kamu termasuk di tamandelta.com/shop.

Beli Kopi Papua Wamena

Mengapa Beli Kopi Papua Wamena di Taman Delta Indonesia?

Mungkin banyak dari Kamu yang bertanya, memang Taman Delta itu apa sih? Kenapa harus beli Kopi Papua Wamena di Taman Delta? Berikut beberapa keunggulan dari Kopi Taman Delta.

  1. Bisa mendapatkan Karakteristik Kopi Papua Wamena yang eksotis
  2. 100% Halal dan Aman untuk di konsumsi
  3. Kami telah memiliki sistem produksi standar Internasional (ISO 9001, ISO 22000, HACCP)
  4. Bisa beli Kopi Papua Wamena sesuai permintaan, Bubuk atau Biji yang sudah di Sangrai.

Kesimpulan, Karakteristik Kopi Papua Wamena

Jadi dapat Kita simpulkan, bahwa karakteristik Kopi Papua Wamena sangat cocok untuk Kamu yang tidak menyukai kopi pahit. Selain itu body– nya yang sedang tentunya sangat cocok dinikmati dengan makanan ringan ketika nongkrong bersama teman-teman Kamu.

Baca juga: Karakteristik Kopi Mandailing

Tunggu apalagi? Segera dapatkan Kopi Papua Wamena dan cobain karakteristik Kopi Papua Wamena sekarang juga. Nah sekian informasi mengenai Karakter Kopi Papua Wamena yang bisa Kami bagikan kepada penggemar kopi di Indonesia. Jangan lupa bagikan cerita kopi ini melalui sosial media dengan cara mudah.

One thought on “#1 Karakteristik Kopi Papua Wamena (Arabica Coffee)

  1. Pingback: #1 Kopi Arabika Terbaik di Indonesia - Taman Delta Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *