Karakteristik Kopi Java Preanger – Di kalangan penikmat kopi, orang mengenal Kopi Java Prenger berasal dari Jawa Barat. Ya benar, memang tidak salah, karena sejak zaman Belanda, kopi terkenal yang satu ini sangat dikenal dengan sebutan “Java”. Sedangkan Preanger diambil dari daerah asal kopi ini pertama kali ditanam, yakni di daerah Priangan.

Tak heran julukan Java Preanger ini telah dikenal oleh para pegiat kopi hingga saat ini. Bahkan banyak orang yang menyebut jika kopi yang berasal dari Jawa Barat dengan Kopi Java Preanger, entah itu kopi robusta atau kopi arabikanya. Sebutan itu tentunya melekat di para penikmat kopi. Tentunya tidak hanya itu saja keunikan dari kopi yang satu ini, ada karakteristik kopi java preanger yang wajib untuk kamu ketahui.

Karakteristik Kopi Java Preanger

Karakteristik Kopi Java Preanger
Karakteristik Kopi Java Preanger

Sebelum Anda mengetahui karakteristik Kopi Java Preanger, alangkah lebih baiknya bila Anda mengetahui sejarah dari kopi ini.

Sejarah Kopi Java Preanger

Jika dilihat dari sudut perkembangan kopi yang ada di Indonesia, tentunya kita dapat melihat ada banyak jenis kopi yang cukup dikenal di Indonesia. Salah satunya adalah jenis Java Preanger. Produk olahan kopi asli dari Jawa Barat ini merupakan jenis kopi yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan yang menarik lagi adalah dimana varietas kopi arabika memiliki perbedaan yang unik jika dibandingkan dengan varietas kopi arabika yang lainnya. Kopi Java Preanger ini telah memiliki keunggulan kompetitif tersendiri dan telah banyak diminati oleh pecinta kopi dari berbagai daerah di Indonesia bahkan Mancanegara.

Asal Tanaman Kopi Java Preanger

Tahukah Kamu? Kopi Java Preanger saat ini banyak ditanam oleh masyarakat Garut, Pengalengan, Ciwidey, Lembang, dan daerah lain di Jawa Barat bagian selatan yang tersebar di beberapa perkebunan. Kopi ini sangat cocok tumbuh di wilayah pegunungan dengan ketinggian mulai 900 meter dari permukaan laut (dpl). Dengan meningkatnya prospek perkopian internasional saat ini, Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemkab yang ada di Jabar mencoba untuk mengangkat kembali kopi Java Preanger yang telah cukup dikenal pada masa jayanya dahulu.

Karakteristik kopi java preanger terletak pada body dan acidity-nya yang sedang dengan aroma dan cita rasa yang kaya. Kopi ini juga dikenal sebagai kopi malabar karena diambil dari salah satu nama gunung di daerah perkebunan kopi tersebut. Alasan lainnya adalah karena berasal dari bibit yang dibawa oleh Belanda dari Malabar, India.

Baca juga: Karakter Kopi Mandailing Arabika Asal Sumatera

Dari berbagai karakter kopi Jawa Barat hanya tiga karakteristik kopi yang dirujuk dengan indikasi geografis “Kopi Arabika Java Preanger”. Beberapa karakteristik kopi java preanger tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berasal dari tanaman kopi jenis Arabika yang ditanam di dataran tinggi Priangan di Provinsi Jawa Barat, yaitu wilayah-wilayah yang memiliki agroklimat yang cocok untuk budidaya kopi jenis Arabika. Ditanam pada wilayah dataran tinggi dengan ketinggian tempat minimal 900 meter dari permukaan laut (dpl), yang memiliki udara yang dingin dan kering, serta curah hujan antara 2.000 – 3.000 mm/tahun dan bulan basah antara 6-7 bulan setiap tahunnya.
  2. Berasal dari tanaman kopi Arabika yang terbentuk dari varietas-varietas terseleksi dan unggul, yang ditanam di bawah pohon naungan dan dibudidayakan dengan pada prinsip-prinsip ekologis yang memperhatikan kelestarian lingkungan, serta dipupuk terutama dengan menggunakan pupuk organik dengan konsep pertanian Input Luar Rendah atau Low Ekternal-Input and Sustainable Agriculture (LEISA).
  3. Varietas kopi Arabika yang dibudidayakan adalah kopi arabika varietas Typica, S-795 (S-Lini), Sigararutang, Kartika, Catimor dan Andung Sari.

Ringkasan Mengenai Karakteristik Kopi Java Preanger

  • Area Geografis : Ditanam pada wilayah dataran tinggi dengan ketinggian tempat minimal 900 meter dari permukaan laut (dpl), Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Malabar, Gunung Caringin, Gunung Tilu, Gunung Patuha, Gunung Halu, Gunung Beser, Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Manglayang
  • Ketinggian : 900-1600anger mdpl.
  • Jenis Pengolahan : Natural, Honey, Fullwashed Dryhulling, Wethulling.
  • Sistem Penanaman : Umumnya di tanami oleh petani perorangan diarea kebun Perhutani yang sudah ada pohon pelindungnya.
  • Masa Panen : Mei – Agustus
  • Cupping Notes : Chocolate, Caramel, Nutty, Peach, Berry, Sweet, Floral, Lemony, Balance after taste
  • Produktivitas : 300 – 5000 Ton biji hijau (Green Bean) pertahun.
  • Varietas : Typica, S-795 (S-Lini), Sigararutang, Kartika, Catimor dan Andung Sari, serta sedikit yellow Catura di wilayah Garut.

Baca juga: 2 Karakteristik Kopi Bali Kintamani Terpopuler

Cara Penyajian Kopi Java Preanger

Oleh penikmat kopi, Kopi Java Preanger biasanya disajikan menggunakan manual brew, tanpa menggunakan gula. Namun jika Kamu menginginkan karakteristik kopi Java Preanger sesuai selera Kamu sendiri. Mungkin bisa menggunakan v60, atau manual brew lainnya seperti french press atau aerop Anda juga bisa menyeduhnya sebagai single origin coffee atau mencampurnya sebagai house blend.

Beli Java Preanger Dimana?

Nah bagi Anda yang sedang menginginkan dan mencoba karakteristik Kopi Java Preanger, Anda bisa mendapatkannya di Taman Delta. Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk Kopi Java Preanger Taman Delta Indonesia melalui web, e-Commerce atau Toko Online Kami miliki.

  • Tersedia di Shopee, Tokopedia, Shopee, dan LazadaKlik disini
  • Whatsapp : 08127748618 (fast respon)
  • Instagram : @tamandelta
  • Website : klik disini

Karakter Kopi Java Preanger Delta Roastery

Penasaran dengan karakter kopi Java Preanger asli? Taman Delta Indonesia punya kopi Java Preanger

  • 🔥Profil Roasting : Medium
  • 📝Taste Notes : Cake Aroma, Wine, Mild ,Moderate Acidity, Tropical Fruit, Medium Body
  • ⚖️Berat : 200gr
  • 🚩Kopi Origin : Java Preanger
  • ✅100% HALAL
  • ☑️Terdaftar di BPOM
Beli Kopi Java Preanger

Mengapa Beli Kopi Java Preanger di tamandelta.com?

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya, memang Taman Delta itu apa sih? Kenapa harus beli Kopi Bali Kintamani di Taman Delta? Berikut beberapa keunggulan dari Kopi Taman Delta.

  1. Bisa mendapatkan Karakteristik Kopi Java Preanger yang eksotis
  2. 100% Halal dan Aman untuk di konsumsi
  3. Kami telah memiliki sistem produksi standar Internasional (ISO 9001, ISO 22000, HACCP)
  4. Bisa beli Kopi Java Preanger sesuai permintaan, Bubuk atau Biji yang sudah di Sangrai.

Kesimpulan, Karakteristik Kopi Java Preanger

Jadi dapat Kita simpulkan, bahwa Karakteristik Kopi Java Preanger sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai kopi pahit. Selain itu body– nya yang sedang tentunya sangat cocok dinikmati dengan makanan ringan ketika nongkrong bersama teman-teman Anda.

Baca juga: #1 Karakteristik Kopi Papua Wamena

Tunggu apalagi? Segera dapatkan Kopi Java Preanger dan cobain karakteristik Kopi Java Preanger sekarang juga. Nah sekian informasi yang bisa Kami bagikan kepada penggemar kopi di Indonesia. Jangan lupa bagikan cerita kopi ini melalui sosial media dengan cara mudah. Cukup tekan tombol sosial media di bawah, dan beri tahu teman-teman Anda melalui caption.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *