Karakter Kopi Yellow Caturra – Jika buah kopi pada umumnya berwarna merah, namun tidak untuk Kopi Yellow Caturra. Kopi yang satu ini memiliki keunikan yang berbeda dengan kopi lainnya. Dimana buah kopi yellow caturra berwarna kuning.

Lalu apa saja keunikan dan karakter kopi yellow caturra? Baca informasi artikel ini secara lengkap hanya di tamandelta.com

Fakta Tentang Kopi Yellow Caturra

Karakter Kopi Yellow Caturra
Karakter Kopi Yellow Caturra

Sebelum memulai pembahasan mengenai topik utama kita (karakter kopi yellow caturra), alangkah lebih baiknya bila kita kenalan dulu asal usul kopi ini. Pasti sudah banyak yang mengetahui tentang jenis kopi yang satu ini.

Kopi Yellow Caturra merupakan salah satu varietas kopi arabika. Tahukah Kamu? Tanaman kopi yellow caturra bisa ditemukan pada ketingian 1100 – 1700 mdpl.

Asal Muasal Kopi Yellow Caturra

Tahukah Kamu? Kopi Yellow Caturra sebenarnya berasal dari daerah Kolombia, Kosta Rica dan juga Nikaragua. Setelah itu, kopi dengan jenis unggulan ini kemudian dikembangkan pertama kali di negara Brazil. Jenis kopi Caturra ini merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di beberapa daerah dataran tinggi yang memang cocok ditanami tanaman kopi.

Ketinggian Tanam Pohon Yellow Caturra

Tahukah Kamu? Kopi Yellow caturra merupakan jenis kopi caturra yang sangat lengkap dan hanya ditemukan di daerah tertentu. Asal daerah dari kopi jenis ini berasal dari tanah Flores yang konon biji ini diproduksi hanya sekitar 700 tanaman saja. Ini adalah jumlah yang sangat sedikit untuk penanaman suatu tanaman kopi. Kopi jenis ini tepatnya ditanam pada ketinggian 1100 – 1700 meter diatas permukaan air laut. Yang sangat unik dari biji kopi ini adalah berwarna kuning. Jadi untuk sebagian orang yang baru pertama kali menanam harus mengetahui karakteristik dari tanaman ini terlebih dahulu.

Jenis Kopi Caturra

Yellow Caturra dan Red Caturra
Yellow Caturra dan Red Caturra, sumber tertera

Tahukah Kamu? Ternyata kopi Yellow Caturra memiliki saudara yakni Red Caturra. Red Caturra ini juga menjadi salah satu kopi unggulan yang bisa ditemukan di dataran tinggi Dieng. Tanah yang memiliki ketinggian sekitar 1200 sampai 1300 meter diatas permukaan air laut ini dulunya memiliki banyak sekali area perkebunan yang dulunya dikembangkan oleh orang Belanda pada masa penjajahan.

Setelah pada masa penjajahan usai, perkebunan ini ditinggalkan begitu saja dan tidak dirawat. Baru setelah beberapa tahun ketika jenis Arabica muncul, ditemukan salah satu jenis kopi caturra yaitu red caturra. Hal ini tentunya menambah jajaran kopi Indonesia yang menjadi semakin banyak dan beragam. Namun soal cita rasa baik Kopi Yellow Caturra maupun Red Caturra memiliki karakteristik yang sama. Lalu bagaimana Cita rasa atau karakter kopi yellow caturra?

Karakter Kopi Yellow Caturra

Kopi Yellow Caturra dibedakan menjadi bright acidity dan juga low-to-medium body. Di Indonesia, ada beberapa varietas yang bisa ditemukan dari kopi caturra ini. Jenisnya adalah yellow caturra dan red caturra seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Kedua varietas tanaman kopi ini sangat unik dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Walaupun memang masih jarang ditemukan dan masih sulit untuk dikembangkan tetapi jenis dan bijinya sangat unggul dan memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Karakter kopi yellow caturra yang terlihat jelas adalah kulit bagian luarnya berwarna kuning. Jadi disarankan untuk tidak menunggu sampai berwarna merah karena akan membusuk. Proses matang itu ditunjukkan oleh kulit bijinya dengan warna kuning. Kemudian karakteristik selanjutnya adalah bijinya. Bijinya memiliki tekstur yang keras dan juga ukuran yang kecil. Ukuran ini tidak seperti ukuran biji kopi pada umumnya. Kopi varian caturra ini juga memiliki aroma yang cukup menusuk dihidung. Aroma yang sangat kuat ini memang memberikan aroma buah yang disertai dengan keasaman yang sangat pas sekali.

Cari Kopi Yellow Caturra? Taman Delta Indonesia Punya

Dapatkan kopi yellow caturra dengan kualitas tinggi yang diroasting dengan tingkat kematangan yang pas di Taman Delta Indonesia. Berikut deskripsi singkat dari kopi yellow caturra taman delta Indonesia.

  • Jenis Kopi : Arabika
  • Profil Roasting : Medium
  • Taste Notes : Herbs, Roasted Coconut Hint, Mellow
  • Berat : 200gr
  • 100% HALAL
  • Terdaftar di BPOM

Temukan Kopi Pilihan dan Sesuai Kebutuhanmu di Taman Delta Indonesia

Rasakan karakter kopi yellow caturra di taman delta Indonesia. Kamu juga bisa mendapatkan kopi yellow caturra melalui marketplace online resmi Taman Delta.

Nah itulah Karakter Kopi Yellow Caturra dengan keunikannya yang bisa saya sampaikan melalui tamandelta.com kali ini. Bagikan informasi ini melalui media sosial yang Kamu miliki. Terimakasih sudah membaca informasi ini hingga akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *