Karakter Kopi Manggarai Flores – Seperti yang Kita ketahui, Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak penggemarnya. Tidak tanggung-tanggung, penikmat kopi berasal dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga tua. Tidak mengenal status sosial, kopi tentunya dicari-cari semua orang.

Nah di Indonesia sendiri kopi memiliki banyak jenisnya, mulai dari Arabika, Robusta, Liberika, dan Ekselsa. Namun hanya jenis kopi Arabika dan Robusta yang paling populer di kalangan penikmat kopi tanah air.

Baca Selengkapnya: Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia

Karakter Kopi Manggarai Flores

Seperti yang sudah tamandelta.com singgung sebelumnya, bahwasanya banyak jenis kopi yang dihasilkan oleh Indonesia. Salah satu produsen kopi arabika yang memiliki kualitas yang baik adalah Manggarai. Ya seperti yang Kita ketahui, Pulau Flores memiliki alam yang eksotis, disisi lain ada dua jenis kopi yang ada disini.

Tahukah Kamu? Flores merupakan salah satu kepulauan yang ada di Indonesia bagian timur. Salah satu daerah di kepulauan Flores yang menghasilkan biji kopi arabika terbaik yakni Manggarai. Bahkan kopi yang dihasilkan tersebut sudah menyebar hingga ke beberapa penjuru dunia.

Baca juga: Karakter Kopi Toraja Yang Mendunia

Cita Rasa Dan Karakteristik Kopi Manggarai, Flores

Di tahun 2015 silam, Kopi Arabika Manggarai yang berasal Kepulauan Flores ini pernah dicanangkan sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan memang cita rasa dan karakteristiknya yang disukai pecinta kopi. Berikut karakteristik dari kopi Arabika Manggarai yang disukai oleh penikmat kopi.

1. Bentuk Dan Ukuran Biji Kopi Arabika Manggarai Lebih Besar

Tahukah Kamu? Kopi Arabika Manggarai memiliki bentuk kopi sedikit berbeda dengan kopi yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Ukuran biji kopinya bisa dibilang lebih besar dan warnanya yang lebih berkilau dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Bisa dibilang jenis kopi arabika yang berasal dari Manggarai, Flores merupakan salah satu specialty coffee yang harga jualnya lebih tinggi dibanding jenis kopi yang lainnya dan cakupan pasarnya lebih luas.

Hingga saat ini, jenis specialty coffee seperti Kopi Arabika Manggarai belum dimiliki oleh negara lain yang menjadi penghasil kopi terbesar di dunia seperti Vietnam atau Brazil. Sehingga hal ini sangat menguntungkan Indonesia yang bisa menjadi satu langkah lebih maju.

2. Karakter Kopi Manggarai Flores Memiliki Kualitas Kopi Premium Kelas Dunia

Kopi Arabika yang dihasilkan dari dataran tinggi Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki kualitas kopi premium. Hal tersebut bisa dibuktikan dari masih banyaknya peminat kopi Arabika Manggarai yang berasal dari berbagai negara.

Salah satunya adalah Belanda dan Jerman yang disana terdapat sebuah kafe yang menyuguhkan kopi jenis ini sekaligus memperlihatkan profil kopi Arabika Manggarai disertai dengan foto-foto petaninya. Hal ini bisa menjadikan terjadinya ikatan jarak jauh antara penikmat kopi dengan petani kopinya. Juga bisa membuat ikatan ikatan jarak jauh antara penikmat kopi dan petani kopinya.

3. Memiliki Tingkat Kafein Rendah

Karakter kopi Manggarai Flores juga bisa dilihat dari kandungan kafein. Kopi Arabika Manggarai Flores memiliki kandungan kafein yang rendah. Dalam minuman kopi, kandungan kafein menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk menikmati jenis kopi tertentu.

Dan kopi Jenis Arabika memang telah terbukti memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan jenis kopi lainnya yaitu sekitar 0.8-1.5%. Sehingga kopi Arabika Manggarai ini rasanya tidak terlalu pait serta lebih friendly dan lebih aman diminum.

Karena kandungan kafein yang lebih rendah tersebut kopi arabika lebih banyak disediakan oleh banyak coffee shop baik di Indonesia maupun di Coffe Shop Manca Negara.

4. Kopi Manggarai Memiliki Tingkat Kekentalan Yang Khas

Karakter Kopi Manggarai Flores yang bisa Kamu temukan berikutnya adalah tingkat kekentalan kopi. Dimana Kopi Arabika yang berasal dari Nusa Tenggara Timur memiliki tingkat kekentalan atau body yang full. Namun dengan catatn jika di proses dengan profile roasting; medium.

Serta memiliki rasa yang pekat dan keasaman lidah atau adicity yang sangat tinggi. Dengan karakteristik ini kopi Arabika Manggarai menjadi sangat banyak diminati oleh penikmat kopi pahit.

Dari ciri khas dan karakteristik tersebutlah kopi Arabika Manggarai memiliki banyak penggemar baik dari kalangan lokal maupun Internasional. Tercatat di tahun 2015 saja untuk ekspor perdana Arabika Specialty Manggarai nilainya sudah mencapai mencapai milyaran.

5. Karakter Kopi Manggarai Flores Memiliki Ciri Khas Rasa Yang Otentik

Karakter Kopi Manggarai Flores yang berikutnya dilihat dari ciri khas atau keunikan cita rasa Kopi Arabika Manggarai ini. Dimana rasa asamnya yang murni yang berpadu dengan rasa lemon alami bisa ditemukan di Arabika Flores Manggarai.

Bukan hanya itu saja, terdapat aroma coklat yang kuat, jika diminum terasa berat dan tingkat keasamannya tinggi. Ini membuat siapapun yang mengirup baunya akan tertarik untuk mencicipi kopi yang berasal dari kepulauan flores ini.

Rasa unik dari kopi ini salah satunya dipengaruhi oleh letak geografis perkebunan kopi yang berada di dataran tinggi serta kondisi geografisnya yang kering, dan terkadang memperoleh pengaruh angin Australia.

Baca jugaKarakter Kopi Mandailing Arabika Asal Sumatera

Karakter Kopi Arabika Manggarai Taman Delta (Taste Notes)

Karakter Kopi Manggarai Flores
Karakter Kopi Manggarai Flores

PT Taman Delta Indonesia selaku produsen kopi, pabrik kopi, dan supplier kopi juga menyediakan varian kopi yang berasal dari Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Adapun karakter (taste notes) Kopi Arabika Manggarai Flores yang bisa Kamu temukan dalam produk Kami ini adalah sebagai berikut.

  1. Profile Roasting: Medium
  2. Chocolate
  3. Nutty
  4. Tropical Fruit
  5. Medium Body

Temukan produk Kopi Arabika Manggarai melalui jaringan pasar dibawah ini.

Nah itulah informasi yang bisa Kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Karakter Kopi Manggarai Flores. Semoga bisa membantu teman-teman penikmat kopi dalam mengenal dunia kopi terutama kopi lokal Indonesia. Mari ngopi yuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *