Jenis Kopi Robusta Indonesia – Kopi robusta dikenal dengan karakternya yang strong dan bold. Kopi robusta juga dikenal dengan cita rasanya yang pahit, namun disisi lain jenis kopi yang satu ini memiliki penggemar dari berbagai daerah di Indonesia.

Tapi tahukah Kamu? Kopi Robusta memiliki nama ilmiah Coffea Canephora. Kok disebut dengan kopi robusta? Nah robusta sendiri di ambil dari robust, robust sendiri berarti kuat. Jadi gak heran deh karakter dari jenis kopi robusta memang strong banget.

Umumnya Jenis Kopi Robusta hanya dapat tumbuh di dataran rendah, lebih tepatnya lokasi budidaya tanaman ini adalah pada ketinggian 400-800 mdpl. Dengan suhu optimal pertumbuhan kopi robusta berkisar 24-30oC dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun.

Cerita seputar kopi kali ini akan memberikan informasi mengenai Jenis Kopi Robusta Indonesia. Mengingat kopi robusta memiliki penggemar dan penikmat yang cukup banyak di Indonesia.

Jenis Kopi Robusta Indonesia

Jenis Kopi Robusta Indonesia
Jenis Kopi Robusta Indonesia

Sebenarnya ada berapa banyak sih penghasil jenis kopi robusta di Indonesia? berapa banyak penghasil kopi robusta di Indonesia? Tahukah Kamu? Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia loh. Sehingga tentunya banyak perkubunan atau budiya kopi salah satunya jenis kopi robusta.

Baca jugaSupplier Kopi Untuk Cafe Resto Hotel (HORECA)

Nah berikut beberapa jenis kopi robusta Indonesia yang mendukung pertumbungan penghasil kopi di dunia.

1. Robusta Lampung

Tentunya Kamu sudah tahu dengan jenis kopi robusta asal Lampung yang merupakan salah satu penghasil kopi dengan rasa yang enak. Memang benar, hal tersebut bukan hanya karangan belaka. Karena memang, daerah Lampung sendiri memiliki jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Bahkan penjualannya pun tidak main-main loh. Sudah mencapai pasar internasional loh, maka tak heran kalau banyak orang yang mencari kopi robusta yang berasal dari Lampung.

Kopi robusta Lampung ini ditanam di atas ketinggian sekitar 600 mdpl. Lalu dari letak geografis, iklim, serta kondisi tanah yang subur membuat kopi robusta Lampung ini memiliki cita rasa yang berbeda ketimbang kopi robusta lainnya.

2. Robusta Dampit Malang

Jenis kopi robusta Indonesia yang satu ini terbilang unik. Pasalnya Robusta Dampit Malang bisa menjadi salah satu pilihan Kamu. Jenis kopi robusta Indonesia yang satu ini berasal dari Kecamatan Dampit, Malang, Jawa Timur. Yang merupakan salah satu kawasan yang menghasilkan jenis kopi robusta yang cukup terkenal. Kenikmatan dari kopi robusta dari daerah Dampit pun merupakan hal yang tidak perlu untuk dipertanyakan.

Baca selengkapnya: Kopi Arabika Terbaik di Indonesia

Tanpa terkecuali kopi Robusta Dampit malang ini memang sudah terkenal hingga luar negeri. Penjualannya pun sudah sangat banyak di dataran Eropa. Bahkan tidak sedikit orang Eropa yang menjadi penggemar dari kopi ini. Dan kopi ini memiliki rasa yang spesial atau special taste. Hal ini dikarenakan biji kopi ini ditanam atau dibudidayakan di lahan dengan ketinggian 800 mdpl serta memiliki kontur tanah yang subur.

3. Robusta Flores

Jenis kopi robusta yang satu ini berasal dari Flores Nusa Tenggara Barat, jenis robusta yang satu ini dikenal dengan taste yang Cereal, Wheat, Nutty, Good Body. Bukan sekedar dikenal dengan pantai-pantainya yang eksotis saja, namun juga dikenal dengan hasil kopi robustanya yang saat ini sudah memiliki penggemar.

4. Robusta Jawa

Jenis Kopi Robusta Indonesia yang satu ini tentunya tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Lebih dikenal dengan Java Robusta atau Java Mocha tentunya sudah memiliki banyak penggemarnya dong. Salah satu robusta yang berasal dari Jawa paling populer adalah Temanggung.

Baca juga: 8 Kopi Robusta Terbaik di Indonesia

Temanggung merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tanah yang subur. Sehingga cocok sekali untuk ditanami pohon kopi. Bagaimana cita rasa dari Robusta Jawa? berikut cita rasa dari jenis kopi robusta dari Jawa.

  • Sweet Tobacco,
  • Chocolate Cake,
  • Clean,
  • Full Body

Mana Jenis Kopi Robusta Indonesia Pilihanmu?

Kopi B1 Delta, Salah Satu Produk Kopi Goreng PT Taman Delta Indonesia
Kopi B1 Delta, Salah Satu Produk Kopi Goreng PT Taman Delta Indonesia

Jadi mana jenis kopi robusta pilihan Kamu? Tentunya masing-masing memiliki selera dan pendapat yang berbeda-beda dong.

Syarat Budidaya Jenis Kopi Robusta Berkualitas

Untuk mendapatkan atau menghasilkan jenis kopi robusta di Indonesia yang berkualitas tentunya ada berapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya seperti lokasi, suhu, hal tersebut perlu dipertimbangkan supaya jenis kopi robusta bisa menjadi kopi berkualitas. Tidak terkecuali dengan jenis kopi robusta, lalu apa saja syarat untuk bisa menghasilkan jenis kopi robusta berkualitas? Berikut ulasannya.

  • Tanah: Daerah penghasil kopi biasanya memiliki kondisi tanah yang subur, seperti tanah-tanah hasil dari letusan gunung berapi. Kopi berkualitas tidak mungkin bisa tumbuh di tanah liat, berat, atau tanah pasir. Kenapa demikian? karena tanah-tanah terssebut tidak memiliki tinggi kandungan zat lemas, seperti yang dibutuhkan tanaman kopi.
  • Kondisi angin: Tanaman kopi tidak bisa tahan dengan angin yang kencang, hal ini karena angin bisa membuat tanaman roboh dan menghilangkan kelembapan tanah.
  • Curah hujan: Selain tanah dan ketinggian, tanaman kopi juga butuh air hujan. Curah hujan yang ideal untuk tanaman kopi adalah 1000-3000 mm.
  • Ketinggian: Ketinggian suatu daerah akan menentukan jenis biji kopi apa yang akan ditanam. Salah satunya dengan jenis kopi robusta, yang hanya bisa tumbuh di dataran rendah, antara 500-800 mdpl.

Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli jenis kopi robusta Indonesia:

  1. Beli lah di produsen kopi atau supplier kopi besar dan terpercaya
  2. Cek biji kopi robusta dari segi kebersihan
  3. Beli lah di supplier biji kopi bersertifikat

Butuh Jenis Kopi Robusta Indonesia Dari Beberapa Daerah?

Cari jenis kopi robusta Indonesia apa saja hanya di PT. Taman Delta Indonesia. Hubungi tim marketing Kami di melalui informasi di bawah ini.

Berapa Harga Jenis Kopi Robusta Indonesia Berkualitas?

Tentunya harga dari jenis kopi robusta Indonesia yang berkualitas memiliki harga yang juga sesuai dengan tingkat kualitasnya. Cek harga biji kopi robusta di bawah ini.

Baca juga: Harga Biji Kopi Robusta Terbaru

Cari biji kopi robusta dengan harga yang murah? green coffee beans Robusta murah jelas di PT Taman Delta Indonesia. Kami menyediakan berbagai macam kopi robusta berkualitas dengan harga terbaru. Kami memastikan biji kopi robusta benar-benar berkualitas dan Kami sortir untuk mendapatkan yang terbaik. Biji kopi tersebut juga telah Kami proses (pasca panen) dengan baik, sehingga Kamu bisa menerimanya dalam keadaan yang bersih.

Nah itulah Cerita Seputar Kopi mengenai Jenis Kopi Robusta Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu mengenai kopi, dan jangan lupa ngopi lurrr.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *