Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional, mungkin banyak yang belum tahu tentang itu. Tapi tahukah kamu? Bahwa peringatan Hari Kopi Internasional dilakukan dalam rangka merayakan keragaman, kualitas dan semangat di sektor kopi. Peringatan itu merupakan sebuah momentum bagi para pecinta kopi di seluruh dunia untuk berbagi kecintaannya terhadap kopi dan tentunya untuk mendukung jutaan petani yang mata pencahariannya bergantung pada tanaman kopi.

Dalam memperingati Hari Kopi Internasional kali ini, tim Delta Coffee Roaster mengunjungi Doesoen Kopi Sirap yang berlokasi di Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Doesoen Kopi Sirap merupakan salah satu perkebunan penghasil kopi di Jawa Tengah yang tentunya sudah terkenal dikalangan pecinta kopi.

Tentang Doesoen Kopi Sirap

Doesoen Kopi Sirap
Lokasi: Teras Warung Ndeso, Doesoen Kopi Sirap

Perlu kamu ketahui, Doesoen Kopi Sirap berada di kaki Gunung Kelir tepatnya pada ketinggian sekitar 600 mdpl. Nah disini kamu bisa menemui hamparan tanaman kopi saat mulai memasuki kawasan Doesoen Kopi Sirap hingga pada ketinggian 800 mdpl. Tanaman kopi disini tersebar di luas tanah yang mencapai sekitar 500 hektar.

Disini kamu bisa belajar budidaya dan melihat perjalanan sebuah kopi, mulai dari panen, pasca-panen, roasting, hingga kopi tersebut disajikan kedalam sebuah cangkir untuk dinikmati. Suasana yang masih asri dan sejuk tentunya membuat kamu betah berlama-lama.

Jika beruntung, kamu bisa melihat pemandangan petani kopi yang sedang memetik buah ceri kopi yang sudah saatnya untuk dipanen. Di Doesoen Sirap kami menemui salah satu petani kopi setempat beliau adalah Ibu Suryani. Saat kami temui, wanita dengan usia 50 tahun ini sedang memetik buah ceri kopi. Senang rasanya kami bisa bertemu sekaligus berbincang-bincang dan melihat secara langsung proses pemetikan buah ceri yang dilakukan oleh beliau.

Harapan Ibu Suryani di Hari Kopi Internasional

Tentunya Hari Kopi Internasional merupakan sebuah momentum bagi semua pihak yang berkecimpung di dunia kopi untuk bisa tumbuh, tak terkecuali Ibu Suryani. Secercah harapan dari Ibu Suryani ini tentunya mewakili sebagian besar atau bahkan petani kopi diseluruh Indonesia.

Harapan Petani Kopi di Doesoen Kopi Sirap di Hari Kopi Internasional
Harapan Petani Kopi di Doesoen Kopi Sirap di Hari Kopi Internasional

Ibu Suryani juga berdoa supaya kita semua selalu diberikan kesehatan, dan pandemi ini segera berakhir. Semoga harapan Ibu Suryani dan para petani kopi di seluruh dunia bisa menjadi kenyataan. Tanpa petani kopi seperti Ibu Suryani, kita tidak mungkin bisa menikmati secangkir kopi yang nikmat dengan beragam karakteristik.

Selamat Hari Kopi Internasional

Selamat Hari Kopi Internasional 2021
Selamat Hari Kopi Internasional 2021

Kami Delta Coffee Roaster mengucapkan Selamat Hari Kopi Internasional. Tak luput juga tentunya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para petani kopi di Indonesia pada khususnya, karena telah berupaya dalam membudidayakan tanaman kopi dengan kualitas yang bagus supaya bisa dinikmati oleh para penikmat kopi di seluruh dunia. Apa harapan kamu sebagai pecinta kopi di Hari Kopi Internasional? Tulis opini kamu di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *