Kekayaan alam Indonesia memang tidak bisa diragukan lagi, salah satunya adalah kopi. Topografi tanah berbukit dengan gunung-gunung vulkanik menjadikan Indonesia dianugerahi tanah yang subur dan cocok ditanami kopi. Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Siapa sangka? Cita Rasa Kopi Nusantara diminati oleh mancanegara.

Mulai dari Kopi Gayo dari Aceh, Kopi Solok dari Sumatera Barat, Kopi Preanger dari Jawa Barat, Kopi Kintamani dari Bali, hingga Kopi Wamena di Papua. Keberagaman cita rasa kopi nusantara itulah yang tentunya membuat masyarakat dunia khususnya dari Timur Tengah, dan Amerika bisa memilih kopi yang sesuai dengan karakter mereka. Simak cerita tentang Kopi Taman Delta kali ini.

Cita Rasa Kopi Nusantara Mendunia

Sebenarnya jenis kopi lokal Indonesia ada banyak, Kamu bisa membacanya disini. Namun ada beberapa yang paling diminati di pasar dunia. Apa saja cita rasa kopi Nusantara yang medunia? Yuk simak selengkapnya artikel Taman Delta kali ini.

1. Kopi Loewak

Cita Rasa Kopi Nusantara Aceh Gayo
Kopi Loewak Taman Delta Indonesia, Cita Rasa Kopi Nusantara

Cita rasa kopi Nusantara yang mendunia satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Kamu dong. Kopi Loewak merupakan salah satu jenis kopi Indonesia yang memiliki cita rasa yang eksotis. Bagaimana tidak? proses pengolahan dari kopi ini sendiri terbilang unik nan aneh. Dimana biji kopi di makan oleh Luwak terlebih dahulu, kemudian biji kopi tersebut keluar menjadi kotoran luwak.

BeliLuwak Coffee (Kopi Arabika)

Kotoran luwak tersebut merupakan biji kopi yang telah dimakan sebelumnya, jijik ya? Eh jangan salah, biji kopi yang ada di kotoran tersebut akan dibersihkan dan diolah untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas. Aman gak sih? Halal gak sih? Jelas aman dan halal kok. Kopi Loewak yang 100% halal dan aman salah satunya dari PT. Taman Delta Indonesia. Kami mengolah biji kopi dengan standar keamanan sesuai standar dari Nasional (BPOM, MUI) dan standar Internasional (ISO 9001, ISO 22000, HACCP).

Kopi Loewak sendiri bisa berasal dari biji kopi arabika maupun kopi robusta, tergantung dari penikmat kopi.

2. Kopi Kintamani, Bali

Kopi Kintamani Bali, Cita Rasa Kopi Nusantara

Bali tidak terkenal dengan pantai dan budaya-nya yang begitu eksotis saja, melainkan juga kopi kintamaninya. Kopi Kintamani dari Bali menjadi salah satu Cita Rasa Kopi Nusantara yang mendunia. Peminat cita rasa kopi ini berasal dari Jepang, Eropa, dan beberapa negara di Timur Tengah.

Beli: Kopi Bali Kintamani

Cita rasa yang yang didominasi asam citrus segar dengan aroma wangi bunga membuat kopi yang satu ini digemari oleh penikmat kopi mancanegara. Tingkat keasaman dari kopi kintamani yang cukup tinggi tentunya tidak menjadikan masalah bagi penikmat kopi mancanegara.

Sudah mencoba ciri khas Kopi Kintamani? Jika belum yuk cobain sekarang, cintai cita rasa kopi nusantara yang begitu banyak. Dan temukan kopi yang sesuai karaktermu, Kopi Bali Kintamani sendiri masuk dalam jenis kopi arabika.

3. Kopi Gayo, Aceh

Kopi Aceh Gayo Taman Delta Indo

Gayo sendiri berasal dari nama dari suatu daerah yang berada di Aceh, yakni Gayo Takengon. Sebuah dataran tinggi yang berada di Kabupaten Aceh. Cita rasa kopi Nusantara yang satu ini banyak diminati masyarakat dunia seperti Amerika.

Beli: Kopi Aceh Gayo (Kopi Arabika)

Bahkan Kopi Gayo dikategorikan sebagai Kopi “Premium Class” di Eropa. Bukan hanya itu saja, Kopi Gayo juga mendapatkan score tertinggi untuk cita rasa kopi dari Specialty Coffee Association of America. Kopi Gayo memiliki cita rasa pedas rempah-rempah (spice). Taste notes Kopi Gayo lainnya:

  • Tropical Fruit
  • Long Sweet Aftertaste
  • Good Mouthfeel

4. Kopi Wamena, Papua

Kopi Papua Wamena (Kopi Arabika) 2

Papua terkenal dengan flora dan faunanya yang eksotis, termasuk diantaranya adalah hasil perkebunan seperti Kopi. Penghasil kopi di tanah papua salah satunya adalah Lembah Baliem sebuah lembah yang berada di Pegunungan Jayawijaya. Cita rasa kopi Nusantara yang satu ini adalah sweet corn, mild, tingkat keasaman yang rendah.

Beli: Papua Wamena (Kopi Arabika)

Kopi Wamena masuk dengan jenis kopi arabika, jadi buat Kamu pecinta kopi arabika jangan sampai belum mencicipi kopi nusantara yang satu ini.

5. Kopi Flores

Kopi Arabika Flores, Cita Rasa Kopi Nusantara

Tahukah Kamu? Flores memiliki dua jenis kopi yakni robusta dan arabika. Awalnya kopi di Flores berjenis robusta, kemudian di tahun 1927 di datangkan kopi arabika dari kolombia. Khasiat dari Kopi Flores begitu luar biasa dibanding kopi yang lain. Keaslian biji kopinya dari faktor geografis alam begitu mendukung sehingga menghasilkan kopi yang berkualitas, karena tanpa pupuk pun jadi.

BeliKopi Flores Manggarai (Kopi Arabika)

Adapun cita rasa kopi Nusantara yang satu ini adalah chocolate, nutty, tropical fruit. Bagaimana sesuai dengan selera kopi Kamu inginkan?

6. Kopi Kalosi

Cita Rasa Kopi Kalosi Torja Taman Delta

Kalosi merupakan salah satu daerah yang berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Kalosi merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Pada tahun 2008, Kopi Kalosi ditetapkan sebagai biji kopi arabika terbaik di pameran ECO Product yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan asal Jepang.

Pada pameran tersebut para pengunjung rela antri untuk mencicipi Cita Rasa Kopi Nusantara tersebut. Belum lagi di tahun 2014 pada acara Indonesian Coffee Festival di Bali Kopi Kalosi mampu mengalahkan 34 jenis kopi.

BeliKopi Kalosi Toraja (Kopi Arabika)

Bagaimana sih dengan cita rasa kopi nusantara ini? Umumnya kopi arabika memiliki aroma khas rempah-rempah seperti adanya kayu manis yang dipadu dengan rasa jahe. Pantas jika kopi arabika kalosi Enrekang terasa istimewa. Selain adanya unsur rempah rempah, kopi arabika kalosi juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga ketika diminum tidak begitu terasa pahit.

Mana Cita Rasa Kopi Nusantara Favoritmu?

Jadi dari ke-enam Cita Rasa Kopi Nusantara di atas mana favorit Kamu? Atau ada cita rasa kopi andalan Kamu yang belum Kami sebut diatas? Silahkan beritahu Kami melalui kolom komentar di bawah ya. Yang jelas PT Taman Delta Indonesia sebagai produsen kopi memiliki cita rasa kopi Nusantara yang bisa Kamu beli dengan mudah di tamandelta.com/shop atau market place kesayangan Kamu seperti (Lazada, Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak)

Baca jugaSupplier Kopi Untuk Cafe Resto Hotel (HORECA)

Nah itulah Cerita Tentang Kopi Kami kali ini mengenai Cita Rasa Kopi Nusantara Mendunia. Bagikan cerita Kami ini kepada teman-teman maupun keluarga Kamu melalui sosial media yang Kamu miliki. Terimakasih, jangan lupa ngopi hari ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *