Cara Steam Susu Untuk Latte Art – Mungkin bagi teman-teman yang sering nongkrong di cafe pasti tidak asing lagi dengan sebutan istilah Latte Art. Ya Latte Art adalah menu andalan yang banyak digunakan disetiap coffee shop.

Tahukah Kamu? Kopi latte juga dikenal dengan Caffe Latte, minuman yang sering muncul di menu cafe atau resto ini asal mulanya berasal dari Italia. Nah tahukah Kamu? istilah Caffe Latte atau Kopi Latte pertama kali digunakan oleh penulis esai William Dean Howell. Istilah tersebut dicurahkan melalui tulisannya dengan judul “Italian Journey”.

Baca istilah Kopi Latte atau Caffee Latte selengkapnya hanya di Kopi Latte Adalah Minuman Paling Instagramable?

Seperti yang kita ketahui, Kopi dengan campuran susu adalah hal terbaik untuk mengawali hari. Kopi sudah terkenal dengan kadungan kafeinnya yang membuat hari-hari menjadi lebih bersemangat. Latte, Cappuccino, Flatwhite, Mocha, adalah beberapa contoh kopi susu yang biasanya tersedia di berbagai jenis kedai kopi. Mesikpun begitu, Kamu bisa mencoba cara steam susu untuk latte art sendiri di rumah.

Cara Steam Susu Untuk Latte Art

Cara Steam Susu Untuk Latte Art
Cara Steam Susu Untuk Latte Art

Kali ini tamandelta.com akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara steam susu untuk latte art. Bukan hanya sekedar memberikan informasi, namun tentunya kami akan memberikan beberapa contoh cara steam susu untuk latte yang benar dan juga salah. Supaya Kamu bisa membedakan mana cara steam susu untuk latte art yang baik dan benar serta mana steam susu yang salah.

Sebelum melakukan steam susu, ada beberapa bahan atau alat yang perlu Kamu persiapkan.

  • Susu UHT
  • Kain Basah
  • Milk Jug
  • Kopi Asli, Kami sarankan menggunakan Blended Coffee Delta Roastery (lihat disini).
  • Alat Untuk Steam, Kamu bisa menggunakan Steam Wand yang biasanya ada di mesin espresso.

Jika bahan dan peralatan sudah Kamu siapkan, langkah selanjutnya adalah praktik. Nah disini tamandelta.com selaku produsen kopi dan supplier kopi akan memberikan cara steam susu untuk latte art. Dimana cara yang pertama adalah steam susu dengan mesin dan yang kedua cara steam susu secara manual (non-mesin).

Cara Steam Susu Untuk Latte Art Dengan Mesin

Ingat, teknik steam susu sangat mempengaruhi tingkat pembuatan Latte Art. Jadi silahkan perhatikan beberapa langkah dan cara steam susu untuk latte art dengan mesin dibawah ini.

  1. Tentunya nyalakan mesin terlebih dahulu.
  2. Sebelum memulai steam susu, buang/flush steam wand terlebih dahulu untuk membuang kandungan air yang tesisa didalam steam wand.
  3. Tuangkan susu uht kedalam Milk Jug dibawah  mulut milk jug.
  4. Posisikan steam wand berada di tengah (kedalamannya) dan miringkan milk jug ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kenyamanan.
  5. Steam susu pada tahap pertama merupakan pembentukan foam, kemudian setelah pembentukan foam yang memakan waktu sekitar 2 detik, naikkan milk jug.
  6. Matikan steam wand.
  7. Selesai.

Cara steam susu untuk latte art dengan mesin diatas bisa menghasilkan susu dengan konsistensi foam yang silky, shiny, dan micro bubble yang lembut. Hasil steam susu tersebut sangat bagus digunakan untuk membuat latte art.

Fakta Menarik Tentang Latte Art

Nah tahukah Kamu? Dibalik eksistensinya minuman kopi ini, ada beebrapa fakta menarik mengenai Latte Art yang perlu Kamu ketahui. Beberapa fakta menarik bisa Kamu temukan dibawah ini.

  1. Kebanyakan orang belum tahu, latte art memiliki citarasa kopi pahit khas espresso. Banyak yang menganggap latte art itu manis.
  2. Banyak yang memesan Kopi Latte karena menarik dan terlihat instagramable (Latte Art) dibandingkan dengan menikmatinya sampai tegukan terakhir.
  3. Latte art digunakan untuk photoshoot atau untuk di publish di media sosial mereka.
  4. Latte art menu andalan setiap coffee shop.
  5. Latte art makin dikenal dan populer di kalangan anak remaja Indonesia pada tahun 2016/17 silam.

Buat Kamu yang ingin mencoba membuat Latte art sendiri di rumah bisa memperlajari artikel tamandelta.com kali ini. Terciptanya latte art yang indah dikarenakan oleh steam susu yang benar.

Masih Bingung Dengan Informasi Pada Artikel Ini? Lihat Informasinya Versi Video

Termasuk didalamnnya juga akan ada resep kopi kekinian seperti Cara Membuat Kopi Susu Kekinian dan masih banyak lainnya yang akan dibongkar. Untuk jangan lupa subscriber channel Youtube Kami disini.

Kami Menyediakan Kopi Paling Cocok Untuk Espresso Latte Art

Kami memiliki kopi murni yang cocok digunakan untuk membuat espresso yang enak. Cek halaman shopping tamandelta.com selengkapnya, atau Kamu bisa menghubungi Kami di bawah ini.

Nah perlu diingat lagi, untuk membuat espresso pastikan ukuran bubuk (grind size) yang digunakan sesuai dengan alat seduh kopi. Untuk selengkapnya mengenai ukuran grind size bisa Kamu pelajari di Bantuan.

Itulah informasi kali ini mengenai Cara Steam Susu Untuk Latte Art yang bisa Kami berikan kepada teman-teman. Bagikan informasi bermanfaat ini melalui media sosial yang Kamu miliki. Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi website Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *