Cara Steam Susu Manual – Halo teman delta. Kali ini tamandelta.com akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara men-steam susu tanpa mesin.

Jika sebelumnya tamandelta.com telah membahas mengenai Cara Steam Susu Untuk Latte Art dengan mesin. Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara steam susu manual tanpa mesin.

Sebelum membahas topik ini lebih jauh, buat kamu yang belum tahu apa itu latte art bisa baca istilah Kopi Latte atau Caffee Latte selengkapnya hanya di Kopi Latte Adalah Minuman Paling Instagramable.

Cara Steam Susu Manual Tanpa Mesin, Emang Bisa?

Cara Steam Susu Manual
Cara Steam Susu Manual

Disclaimer ya teman delta, cara manual yang disebutkan disini adalah penggunaan alat yang dibantu oleh tenaga fisik kita. Jadi tidak menggunakan listrik maupun alat otomatis lainnya.

KemTerkadang di kedai kopi melihat barista membuat kopi dibalik mesinnya hingga dapat menyajikan Latte dengan artnya, sungguh sangat membuat mata kita kagum. Termasuk saya sendiri, tidak dipungkiri rasa penasaran menumpuk dalam benak saya untuk mencoba membuat apa yang barista itu sajikan. Dengan alat kopi manual dan biji kopi pilihan, saya coba membuat Latte tanpa mesin dengan rasa latte yang disajikan tidak kalah dengan menggunakan mesin.

Pada dasarnya Latte adalah resep lain dari espresso, yang merupakan perpaduan dari esspreso dengan milk. Sehingga dalam hal ini yang pertama harus dibuat adalah espresso terlebih dahulu. Sedangkan peralatan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut.

Peralatan dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Steam Susu Manual

Untuk mendapatkan susu dengan karakter foam silky dan shiny (dalam Bahasa Inggris: Lembut dan Berkilau). Sesuai dengan standar yang diperlukan untuk membuat sebuah latte art tentunya membutuhkan peralatan. Nah peralatan yang dibutuhkan dalam Cara Steam Susu Manual adalah.

  1. Panci untuk memanaskan
  2. Milk Jug untuk memudahkan dalam menuangkan saat membuat latte art
  3. Frensh Press
  4. Thermometer (opsional)
  5. Susu UHT

Untuk membuat Latte Art tentunya tidak mudah, dan harus membutuhkan keahlian. Selain keahlian, Kamu tentunya juga membutuhkan bahan-bahan yang sesuai dan berkualitas. Bahan-bahan yang perlu Kamu siapkan diantaranya adalah Susu dan Kopi Espresso.

Kami merekomendasikan susu uht cair, yang bisa Kamu temukan dengan mudah di minimarket. Sedangkan untuk kopi yang akan digunakan dalam membuat espresso Kami merekomendasikan kopi yang berkualitas dan mempunyai karakter yang kuat seperti produk all robusta dari Delta Roastery. Produk tersebut bisa Kamu temukan di: https://tamandelta.com/shop/

Sedangkan untuk konten Cara Steam Susu Manual Untuk Latte Art menggunakan Kopi Regular Blend (50% Arabika – 50% Robusta). Untuk produknya bisa Kamu dapatkan melalui link dibawah ini: Kopi Regular Blend.

Tips Cara Steam Susu Manual Dengan French Press

Untuk mendapatkan susu dengan busa yang baik untuk latte art tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa tips dalam cara steam susu manual dengan french press adalah sebagai berikut.

  1. Tuangkan susu uht sesuai dengan kebutuhan ke dalam panci.
  2. Kemudian panaskan susu uht menggukan kompor dengan suhu yang mencapai 60 derajat celcius menggunakan thermometer.
  3. Jika kamu tidak memiliki thermometer, kamu bisa menggunakan cara memperhatikan susu uht yang dipanaskan hingga muncul asap tipis yang muncul dari permukaan susu.
  4. Pindahkan susu uht yang telah dipanaskan tadi ke dalam french press.
  5. Berikan tanda di badan french press di atas dari volume susu yang telah dimasukkan sebelumnya sebanyak 1,5cm atau mudahnya bisa menggunakan jari kelingking.
  6. Kocok (angkat-tekan plunger french press) cukup di area susu, tidak disarankan sampai keluar area susu.
  7. Kocok sampai foam susu terbentuk hingga batas tanda yang telah diberikan sebelumnya (pada poin 5).
  8. Angkat plunger untuk mengeluarkan foam susu yang besar.
  9. Pindahkan steamed susu ke dalam milk jug secara perlahan, supaya tidak terbentuk foam besar.
  10. Selesai, steamed susu siap digunakan untuk membuat latte art sesuai kreatifitas.

Rahasia Sukses Membuat Steam Susu Manual

Ada beberapa trik dan rahasia sukses dalam membuat steam susu manual untuk mendapatkan susu dengan karakter yang lembut. Berikut trik dan rahasianya.

  • Gunakan api kecil untuk memanaskan susu uht
  • Suhu 60 derajat celcius
  • Menggunakan penanda sebagai batas pembentukan foam (frothing)

Bosan Belajar Cara Steam Susu Manual Dengan Artikel? Coba Dengan Media Video Dibawah Ini.

Dapatkan Kopi Untuk Espresso Terbaik di Taman Delta Indonesia

Dapatkan kopi untuk espresso sesuai dengan karakter kopi yang Kamu inginkan. Kamu juga bisa mendapatkan kopi lainnya baik arabika, robusta, house belnd melalui marketplace online resmi Taman Delta.

Nah itulah TDI Berbagi Tips Cara Steam Susu Manual kali ini. Buat kamu yang ingin membuka bisnis kopi kekinian atau sudah memiliki kedai kopi namun belum mempunyai mesin espresso dengan steamer (steam wand) bisa menggunakan cara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *