Cara Seduh Kopi Manual Brew Paling Populer – Dalam dunia industri kopi brewing atau teknik seduh kopi merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan sebuah karakter atau cita rasa kopi. Teknik seduh kopi sendiri saat ini ada dua macam, yakni dnegan cara manual (Manual Brewing) dan menggunakan mesin (Espresso).

Manual brewing merupakan cara seduh kopi paling populer dengan cara manual tanpa menggunakan bantuan mesin, melainkan hanya menggunakan saringan atau kertas saringan khusus. Sedangkan Espresso adalah mesin yang sama sekali berbeda dengan alat seduh manual. Lalu apa yang menjadikan pembeda dari kedua teknik seduh tersebut? Tentunya Kamu bisa membaca selengkapnya disini.

Cara Seduh Kopi (Manual Brew) Paling Populer

Berikut beberapa cara seduh kopi manual brew paling populer yang sering digunakan untuk mendapatkan kopi yang sesuai dengan karakter masing-masing.

1. V60

Cara Seduh Kopi Manual Brew Paling Populer, V60
Cara Seduh Kopi Manual Brew Paling Populer, V60. Sumber: pixabay/ryanhidajat

Cara seduh kopi manual brew paling populer yang satu ini tentunya masuk ke dalam jenis manual brew, dimana seluruh proses penyeduhan kopi menggunakan tenaga dan kreatifitas manusia. V60 ini termasuk dalam kategori pour over, yaitu penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada kopi bubuk di atas filter.

Teknik seduh kopi V60 asal mulanya karena terciptanya sebuah alat seduh atau yang populer dengan sebutan dripper pada tahun 2004. Pencipta dari alat tersebut merupakan perusahaan asal Jepang yang bernama Hario. Nama V60 sendiri dipilih karena bentuknya menyerupai huruf “V” dengan sudut 60°.

2. Vietnam Drip

Tahukah Kamu? Kopi tetes Vietnam atau biasa populer dengan Vietnam Drip membutuhkan yang waktu cukup lama untuk menunggu kopi turun ke cangkir. Namanya saja tetes demi tetes, ya wajar dong nungguin kopi netes melalui saringan ya cukup lama.

Nah buat Kamu yang menyukai rasa yang manis, tentunya Kamu bisa menggunakan Krimer atau yang masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai Susu Kental Manis. Kemudian letakan Vietnam Drip dan tunggu tetesan kopi memenuhi cangkirmu.

Beli Sekarang: Kopi Tiam Vietnam Drip (Kopi Robusta)

3. Syphon

Syphon, Cara Seduh Manual yang Unik

Cara seduh kopi manual brewing paling populer yang satu ini akan membuat Kamu harus menjadi pribadi yang harus sabar. Menyeduh kopi menggunakan teknik ini akan memakan waktu cukup lama, jadi pastikan Kamu memiliki waktu luang untuk menikmati kopi karaktermu ini.

Cara penyajian kopi menggunakan Syphon sendiri dengan memasak kopi pada tabung khusus. Jadi posisi dari kopi berada di bagian atas, sementara air di bagian bawah. Sedangkan rumah spiritus diletakkan di bawah alat syphon. Jadi air harus dimasak, kemudian ketika mendidih, air akan naik ke bagian atas dimana Kamu meletakkan kopi tadi.

Setelah itu singkirkan rumah spiritus, aduk kopinya, kemudian kopi akan mengarah ke tabung di bawahnya. Setelah itu, Kamu tinggal menuangkannya ke dalam cangkir.

4. French Press

French Press (Manual Brew)
French Press (Manual Brew). Sumber: pixabay/danymena88

French Press atau biasa disebut dengan coffee press, merupakan cara seduh kopi yang cukup populer. Dalam penyajiannya kopi yang dibuat menggunakan sebuah gelas khusus. Mengapa disebut dengan French Press? Karena akan melihat bentuk gelas yang ada pada alat penekan di bagian tutup gelasnya, maka itu alat yang disebut French Press.

Untuk membuat kopi menggunakan teknik French Press, disarankan Kamu menggunakan kopi yang digiling kasar daripada kopi yang digiling halus. Hal ini karena ampas dari kopi yang digiling halus akan merembes melalui filter dari French Press tersebut dan hasil seduhan anda akan bercampur dengan ampas kopi tersebut. Selain itu, kopi yang digiling terlalu halus juga bisa membuat kopi seduhan anda terlalu pahit akibat over-extraction.

5. Aeropress

Cara seduh kopi (manual brew) paling populer yang selanjutnya adalah Aeropress. Teknik manual brew yang satu ini memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan ekstraksi seduhan kopi. Aeropress memiliki cukup beberapa keunggulan dibandingkan alat seduh kopi manual lainnya. Beberapa keunggulannya diantaranya seperti:

  1. Harga terjangkau
  2. Proses penyeduhan kopi cendurung tidak memakan banyak waktu
  3. Dengan proses tekanan membuat ektraksi biji kopi lebih merata (full immersed)
  4. Cocok buat Kamu yang suka karakter kopi manis
  5. Cara seduh kopi manual brew ini mampu mengurangi tingkat keasaman kopi

Mana Cara Seduh Kopi (Manual Brew) Andalan Kamu?

Dari beberapa teknik atau cara seduh kopi (manual brew) paling populer di atas, mana yang biasa Kamu gunakan? Tulis teknik seduh kopi andalan Kamu di kolom komentar ya.

Jual Kopi Bubuk Semarang (Kopi Robusta atau Kopi Arabika)
Jual Kopi Bubuk Semarang (Kopi Robusta atau Kopi Arabika)

Buat Kamu yang mencari kopi dalam bentuk bubuk maupun biji kopi, silahkan hubungi Kami. PT Taman Delta Indonesia menyediakan berbagai jenis kopi yang sesuai karakter Kamu. Nah itulah cerita tentang kopi Kami kali ini mengenai Cara Seduh Kopi (Manual Brew) Paling Populer. Semoga cerita Kami kali ini mampu memberikan wawasan Kamu dalam mengenal kopi khususnya cara menyajikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *