Cara Saring Ampas Kopi – Menunggu ampas kopi turun ke permukaan tentunya merupakan hal yang sangat membosankan. Apalagi kopi yang dibuat tersebut ingin segera disruput. Wah harus menunggu lama dong untuk minum secangkir kopi.

Ah ngapain harus menunggu ampasnya turun dulu, langsung tenggak aja kan bisa! Eh jangan salah loh, menurut sumber terpercaya yakni situs doktersehat.com, bahwa pakar kesehatan menyebutkan jika kita sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi ampas kopi.

Ampas kopi tidak bisa dicerna oleh tubuh dengan baik, sehingga nantinya bisa mengendap dalam kelenjar adrenalin. Yang jadi masalahnya adalah dimana endapan ampas kopi ini bisa membuat kita lebih mudah stress bahkan depresi. Wow! Jadi bukan permasalahan kopinya ya, melainkan ampas kopinya. jadi jangan mengkonsumsi ampas kopinya ya.

Cara Saring Ampas Kopi

Cara Saring Kopi Ampas
Cara Saring Kopi Ampas

Minum kopinya saja, ampasnya dibuang! Seperti yang Kita ketahui bersama-sama, di coffee shop kekinian tidak memberikan pelanggannya kopi dengan ampas-ampasnya. Mereka telah menggunakan berbagai metode untuk memisahkan kopi dengan ampasnya.

Buat Kamu yang mungkin tidak begitu suka ngopi di cafe, ikuti cara saring ampas kopi dari Kami pada artikel kali ini. Berikut beberapa cara saring kopi yang gak ribet, gak bikin bosen, apalagi mahal!

1. V60

Cara Seduh Kopi Manual Brew Paling Populer, V60
Cara Saring Ampas Kopi Dengan V60. Sumber: pixabay/ryanhidajat

V60 merupakan salah satu alat seduh kopi yang bisa digunakan untuk men- saring ampas kopi. Cara saring ampas kopi ini membutuhkan tenaga dan kreatifitas Kamu. V60 ini termasuk dalam kategori pour over, dimana penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada kopi bubuk di atas filter.

Singkat cerita, cara saring ampas kopi dengan V60 asal mulanya karena populer dengan sebutan dripper pada tahun 2004. Pencipta dari alat seduh kopi manual ini merupakan sebuah perusahaan asal Jepang yang bernama Hario. Nama V60 sendiri dipilih karena bentuknya menyerupai huruf “V” dengan sudut 60°.

2. Saring Ampas Kopi Dengan Vietnam Drip

Vietnam Drip, Alat Seduh Kopi Manual Terbaik
Vietnam Drip, Alat Seduh Kopi Manual Terbaik

Cara Saring Ampas Dengan Vietnam Drip menurut Kami merupakan cara yang paling praktis. Hanya saja cara saring ampas menggunakan Vietnam Drip membutuhkan yang waktu cukup lama. Dimana Kita diharuskan bersabar untuk menunggu kopi turun ke cangkir. Tak heran cara saring ampas kopi ini dikenal juga dengan kopi tetes. Tapi tentunya ampas kopi tidak akan tercampur deh, dijamin! selama ukuran bubuk yang digunakan sesuai dengan standar ukuran bubuk vietnam drip yang digunakan.

Tetes demi tetes kopi yang turun dari dripper vietnam ke gelas merupakan kopi yang nikmat untuk menemani harimu. Jadi sambil menunggu, Kamu bisa menyiapkan hidangan lainnya untuk menemani secangkir kopi vietnam dripmu.

Nah buat Kamu yang menyukai rasa yang manis, tentunya Kamu bisa menggunakan Krimer atau yang masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai Susu Kental Manis. Kemudian letakan Vietnam Drip dan tunggu tetesan kopi memenuhi cangkirmu.

Beli Sekarang: Kopi Tiam Vietnam Drip (Kopi Robusta)

3. Syphon

Cara saring ampas kopi yang satu ini mungkin terbilang cara yang paling susah dan ribet. Bagaimana tidak? komponen alat ini sendiri terbagi banyak, belum lagi proses masaknya menggunakan spirtus membuat Kita yang ingin menikmati kopi harus ekstra hati-hati. Meskipun tingkat kesulitan dari alat seduh kopi ini terbilang sulit, namun jangan salah karena kopi yang dihasilkan dari metode ini memiliki karakter yang spesial.

Cara saring ampas kopi menggunakan Syphon sendiri dengan memasak kopi pada tabung khusus. Jadi posisi dari kopi berada di bagian atas, sementara air di bagian bawah. Sedangkan rumah spiritus diletakkan di bawah alat syphon. Jadi air harus dimasak, kemudian ketika mendidih, air akan naik ke bagian atas dimana Kamu meletakkan kopi tadi.

Setelah itu singkirkan rumah spiritus, aduk kopinya, kemudian kopi akan mengarah ke tabung di bawahnya. Setelah itu, Kamu tinggal menuangkannya ke dalam cangkir. Selengkapnya Kamu bisa menonton video diatas ya bro/sis.

4. Cara Saring Ampas Kopi Dengan French Press

French Press (Manual Brew)
French Press (Manual Brew). Sumber: pixabay/danymena88

French Press atau biasa disebut dengan coffee press, merupakan salah satu cara saring ampas kopi yang cukup mudah digunakan dibandingkan Syphon. Dalam penyajiannya kopi yang dibuat menggunakan sebuah gelas khusus. Mungkin bro/sis bertanya-tanya mengapa alat ini disebut dengan French Press?

Coba lihat bentuk gelas yang ada pada alat penekan di bagian tutup gelasnya, nah itulah alat yang disebut French Press.

Untuk membuat kopi menggunakan Cara Saring Ampas Kopi Dengan French Press, disarankan Kamu menggunakan kopi yang digiling kasar daripada kopi yang digiling halus. Hal ini karena ampas dari kopi yang digiling halus akan merembes melalui filter dari French Press tersebut dan hasil seduhan anda akan bercampur dengan ampas kopi tersebut. Selain itu, kopi yang digiling terlalu halus juga bisa membuat kopi seduhan anda terlalu pahit akibat over-extraction.

5. Moka Pot

Cara Saring Ampas Kopi berikutnya adalah Moka Pot. Alat yang satu ini memiliki bentuk seperti teko. Nah Moka Pot merupakan salah satu alat seduh kopi manual yang mampu menghasilkan ekstraksi kopi berupa krema, atau biasa disebut dengan espresso.

Lalu bagaimana Moka Pot bisa menghasilkan espresso? Berikut cara kerja dari Moka Pot dalam menghasilkan espresso.

  1. Bubuk kopi berada diantara tabung air dan tabung penampung espresso.
  2. Moka Pot dipanaskan menggunakan kompor atau bisa menggunakan kompor listrik/induksi.
  3. Air yang berada di tabung air akan mendidih sehingga menghasilkan tekanan dan mengalir menuju tabung bubuk kopi.
  4. Tekanan tinggi tersebut yang sudah bercampur dengan kopi akan naik menuju tabung penampung espresso melewati jalur seperti pipa yang menghasilkan espresso.

Baca juga: Cara Membuat Espresso Dengan Moka Pot

5. Aeropress (Terbaik)

Cara Saring Ampas Kopi berikut ini memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan ekstraksi seduhan kopi. Aeropress memiliki cukup beberapa keunggulan dibandingkan alat seduh kopi manual lainnya. Beberapa keunggulannya diantaranya seperti:

  1. Harga terjangkau
  2. Proses penyeduhan kopi cendurung tidak memakan banyak waktu
  3. Dengan proses tekanan membuat ektraksi biji kopi lebih merata (full immersed)
  4. Cocok buat Kamu yang suka karakter kopi manis
  5. Cara seduh kopi manual brew ini mampu mengurangi tingkat keasaman kopi

Berbeda dengan moka pot yang mengandalkan tekanan tinggi dari panas api sehingga bisa menghasilkan espresso yang over ekstraksi. Sedangkan Aeropress tidak perlu memasak air hingga panas supaya espresso bisa keluar. Namun dengan air panas yang bisa disesuaikan dengan selera Kamu bisa menghasilkan espresso.

Mana Cara Saring Ampas Kopi Yang Ingin Kamu Gunakan?

Ya tentunya setiap penikmat kopi memiliki selera, karakter, dan keinginan yang berbeda-beda. Untuk itu Kami memberikan berbagai rekomendasi cara saring ampas kopi yang berbeda-beda.

Sehingga Kamu bisa memilih dan menggunakan cara saring ampas kopi sesuai dengan yang Kamu inginkan. Eh tapi tunggu dulu untuk menghasilkan kopi yang benar-benar tanpa ampas, silahkan perhatikan tips berikut ini:

  • Pastikan ukuran bubuk yang digunakan sesuai dengan standar alat yang digunakan juga. Misal jika mau menggunakan cara saring ampas dengan Vietnam Drip, jadi ukuran bubuk yang digunakan adalah Medium Coarse. Untuk informasi mengenai ukuran bubuk silahkan baca di: https://tamandelta.com/bantuan/.
Jual Kopi Bubuk Semarang (Kopi Robusta atau Kopi Arabika)
PT Taman Delta Indonesia menyediakan Kopi Dengan Ukuran Bubuk Yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Buat Kamu yang mencari kopi dalam bentuk bubuk maupun biji kopi, silahkan hubungi Kami. PT Taman Delta Indonesia menyediakan berbagai jenis kopi yang sesuai karakter Kamu. Nah itulah cerita tentang kopi Kami kali ini mengenai Cara Saring Ampas Kopi. Semoga informasi Kami kali ini mampu memberikan wawasan Kamu dalam mengenal kopi khususnya cara menyajikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *