Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani – Membuat kopi menggunakan alat bantuan memang perlu dilakukan. Tak terkecuali dengan Kopi Bali Kintamani, untuk mendapatkan karakter kopi Bali sesuai ekspektasi tentunya kita harus memilih metode, cara menyeduh yang tepat.

Lalu metode apa yang sebaiknya digunakan untuk menyeduh Kopi Bali Kintamani? Nah kali ini Taman Delta akan berbagi tips dalam menyajikan atau membuat kopi bali kintamani yang tepat.

Taste Notes Kopi Bali Kintamani (Arabica Coffee)

Jual Kopi Bali Kintamani (Kopi Arabika)

Namun sebelum Kamu masuk ke topik utama alangkah lebih baiknya bila Kamu mengetahui karakter kopi Bali Kintamani. Berikut informasi dan karakteristik tentang kopi Bali Kintamani:

  • Asal Kopi: Kintamani, Bali
  • Jenis Kopi: Arabika
  • Taste Notes: Citrus, Tropical Sweetness, Good Mouthfeel

Sedikit informasi saja bagi Kamu yang belum tahu, Kopi Bali Kintamani berasal dari dataran tinggi Kintamani di pulau Bali. Kopi Bali memiliki kualitas yang tinggi karena tumbuh di tempat yang dingin dan kering.

Kopi Arabika ini termasuk kopi asli Indonesia yang memiliki karakteristik sendiri. Belum lagi masyarakat di Kintamani sangat menjaga tradisi budaya lokal. Keistimewaan lain dari kopi Kintamani adalah dilihat dari segi sejarah serta kebiasaan budaya lokal yang membuat tanaman kopi ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Tak heran bila kopi ini dikenal juga memiliki reputasi dengan nama “origin coffee” atau kopi asli dari Indonesia. Kopi Bali dikatakan sebagai kopi Kintamani yaitu satu diantara type kopi arabika yang di kenal mempunyai rasa yang manis serta lembut. Kopi Arabika Kintamani ini  mempunyai rasa yang tidak terlalu sepat dan tidak terlalu pahit.

Baca selengkapnya: Karakteristik Kopi Bali Kintamani Terpopuler

Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani Pilih Menggunakan Manual Brew atau Espresso

Tahukah Kamu? Dalam dunia penikmat kopi, cara menyeduh kopi terbagi kedalam dua metode. Metode pertama dikenal dengan “Manual Brew” dimana cara menyeduh kopi menggunakan bantuan peralatan, namun peralatan yang digunakan masih membutuhkan tenaga dari manusia.

Sedangkan metode yang berikutnya dikenal dengan “Espresso” sama seperti halnya dengan Manual Brew, hanya saja metode ini semuanya menggunakan mesin atau alat otomatis.

Penikmat kopi banyak memilih menggunakan Manual Brew dibandingkan Espresso. Alasan yang paling mendasar adalah karena harga alat manual brew lebih murah itupun jenis alatnya tersedia banyak model.

Mulai dari Aeropress, V60, Vietnam Drip, dan masih banyak lainnya. Baca selengkapnya di 5 Cara Seduh Kopi (Manual Brew) Paling Populer.

Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani (Recommended)

Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani Dengan V60
Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani Dengan V60

Kami sendiri punya rekomendasi dalam Menyeduh Kopi Bali Kintamani supaya bisa mendapatkan karakteristik kopi arabika yang satu ini. Adapaun cara menyeduh kopi Bali Kintamani yang Kami rekomendasikan adalah menggunakan Aeropress atau V60. Nah satu hal lagi yang perlu Kamu perhatikan dalam membuat kopi adalah menyelaraskan antara Grind Size (tingkat kehalusan bubuk kopi) dengan Alat Pembuat Kopi yang Kamu gunakan.

Beli Kopi di tamandelta.com Bisa Pilih Bentuk Kopi (Bubuk/Biji) Termasuk Pilih Grind Size Tanpa Biaya Tambahan!

Jangan sampai Alat pembuat kopinya menggunakan Vietnam Drip atau V60, namun bubuk kopi yang digunakan adalah Super Fine (Sangat Halus), ya bakalan gak jadi deh. Untuk itu jika alat penyeduh kopi yang akan Kami gunakan adalah Aeropress atau V60. Jadi Grind Size yang Kami gunakan adalah Medium.

Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani Dengan V60

  1. Siapkan kertas filter untuk V60 yang akan digunakan
  2. Lipat kertas filter yang akan digunakan, dan dibentuk kerucut, lalu letakkan kedalam V60
  3. Kertas filter yang akan digunakan disiram terlebih dahulu menggunakan air panas. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya alat V60 dan wadah tersebut panas.
  4. Air bekas yang digunakan untuk menyiram kertas filter sebaiknya langsung dbuang setelah filter itu dirasa bersih dan aromanya sudah hilang, hal ini untuk menjaga aroma kopi yang akan Anda seduh.
  5. Siapkan biji kopi yang akan diseduh dan digiling medium (tidak terlalu halus)
  6. Masukkan kopi yang sudah digiling kedalam kertas filter
  7. Tuangkan air panas dari teko secara perlahan. Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan yaitu menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar.
  8. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran perlu di diamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi. Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai. Durasi 3 menit sampai 4 menit.

Cara menyeduh kopi bali kintamani lainnya juga bisa menggunakan Aeropress. Sebetulnya kopi Bali Kintamani cocok diseduh menggunakan semua peralatan Manual Brew bahkan langsung Tubruk Air Panas. Yang terpenting adalah perhatikan Grind Size Bubuk yang akan digunakan.

Beli Kopi Bali Kintamani

Beli Kopi Bali Kintamani di tamandelta.com Bebas Pilih Bentuk Kopi Bahkan Grind Size Tanpa Biaya Tambahan

Kami merupakan produsen kopi dan supplier biji kopi ternama di Indonesia yang mampu menyediakan kebutuhan kopi untuk masyarakat Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan dan memperkenalkan karakteristik kopi asli Indonesia. Untuk itu Kami memberikan kebebasan pelanggan Kami untuk memilih bentuk kopi dan tingkat kehalusan bubuk tanpa dikenakan biaya tambahan.

Nah itulah Cerita Seputar Kopi kami kali ini mengenai Cara Menyeduh Kopi Bali Kintamani. Ungkapkan pertanyaanmu di kolom komentar dan bagikan informasi ini melalui media sosial yang Kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *