Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik – Seperti yang Kita ketahui, negara Kita kaya akan alamnya yang melimpah. Tak heran bila Indonesia merupakan negara keempat sebagai penghasil Kopi terbesar di dunia. Perlu Kamu ketahui, data dari Kementrian Pertanian Indonesia menunjukkan Indonesia terus mengalami peningkatan dalam menghasilkan kopi.

Indonesia rata-rata setiap tahunnya mampu menghasilkan 639 ribu ton. Adapun data tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tahun 2015: 639,412 ton
  • Tahun 2016: 663,871 ton
  • Tahun 2017: 668,667 ton
  • Tahun 2018: 722,641 ton
  • Tahun 2019: 729,074 ton

Data diatas Kami dapatkan dari jpp.go.id Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Untuk Kamu yang sedang mencari biji kopi, tentunya harus memperhatikan Tips atau Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik.

Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik

Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik
Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik

Nah supaya Kamu bisa mendapatkan biji kopi yang sesuai dengan harapan tentunya Kamu perlu menggunakan Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik. Pastikan Kamu memperhatikan dan melakukan cara memilih biji kopi yang baik untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

Apa saja cara dalam memilih cara biji kopi yang direkomendasikan? Berikut beberapa cara memilih biji kopi yang baik.

1. Periksa Tanggal Roasting, Jika Melakukan Pembelian Biji Kopi Sangrai 

Cara memilih biji kopi yang baik pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memastikan bila Kamu harus mengetahui kapan biji kopi tersebut diroasting atau disangrai. Hal ini sangat penting sekali untuk memastikan Kamu bisa mendapatkan biji kopi yang masih segar atau fresh. Jika Kamu mendapatkan biji kopi yang masih fresh, tentunya kualitas kopi tersebut biasanya juga sangat baik.

2. Mencium Aroma Biji Kopi

Cara memilih biji kopi yang baik selanjutnya bisa Kamu lakukan dengan mencium aroma biji kopi yang akan Kamu beli dari penjual kopi. Dengan menggunakan cara ini, tentunya Kamu bisa mengetahui apakah biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik atau biasa-biasa saja.

Jika biji kopi tersebut memiliki aroma yang tebal, maka kualitasnya pun bisa dipastikan baik. Namun sebaliknya, bila biji kopi tidak tercium wanginya, maka Kamu perlu meragukan kualitas biji kopi tersebut.

3. Melakukan Pembelian Dengan Jumlah Kecil

Cara memilih biji kopi yang baik berikut ini tentunya berlaku juga untuk mengukur anggaranmu. Jika Kamu menemukan jenis kopi yang baru pertama kali Kamu temui, sebaiknya beli dalam kemasan 2,5kg. Jika Kamu sudah merasa cocok dengan bji kopi tersebut, maka Kamu dapat membeli dalam jumlah banyak atau sesuai dengan yang Kamu inginkan.

4. Cari Referensi Mengenai Jenis-Jenis Biji Kopi di Supplier Biji Kopi Terkenal

Untuk mendapatkan biji kopi berkualitas tentunya Kamu harus memperhatikan cara memilih biji kopi dengan baik yang satu ini. Dimana Kamu mencari informasi mengenai jenis-jenis biji kopi melalui internet atau ahlinya. Gunakanlah rekomendasi dari beberapa pakar atau ahli mengenai penyedia biji kopi berkualitas seperti Taman Delta Indonesia.

Baca juga: Supplier Biji Kopi (Green Coffee Beans) Terlengkap

5. Bandingkan Dengan Biji Kopi Lain

Meskipun anda telah mencoba dan merasa cocok dengan salah satu jenis kopi nusantara tertentu, ada baiknya dan sangat disarankan untuk tetap bereksperimen dengan cara mencoba biji kopi dengan jenis yang berbeda. Mengapa? Selain dapat menambah pengetahuan anda, hal ini juga akan membuat anda lebih peka untuk dapat membedakan mana kopi yang memiliki kualitas baik dan mana biji kopi yang memiliki kualitas biasa saja. Untuk dapat mengetahui biji kopi berkualitas bagus yang anda beli dari agen kopi, maka seduhlah kopi tersebut tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya.

Baca juga: Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia

Yang Perlu Kamu Ketahui Selain Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik

Perlu Kamu ketahui, ada informasi penting yang perlu Kamu ketahui selain cara memilih biji kopi yang baik.[blogger] Adapun salah satunya adalah pengolahan kopi mulai dari Buah Kopi (Cerry), yang menjadi green coffee beans siap roasting terdiri dari lima langkah.

Langkah pengolahan kopi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sortasi buah (berries)
  2. Pengeringan
  3. Dehulling
  4. Sortasi biji
  5. Penyimpanan dan distribusi

Tips Memilih Biji Kopi Mentah yang Baik

Adapun ada beberapa tips memilih biji kopi mentah yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pilih wilayah yang terletak di pegunungan tinggi. Karena kopi arabika terbaikatau kopi lainnya umumnya berasal dari perkebunan kopi di dataran tinggi. Misalnya kopi Kerinci dan Kopi Ijen.
  • Pilih penjual kopi yang sudah memiliki nama di pasar kopi Indonesia. Hal ini supaya Kamu tidak ditipu dengan kopi mentah berkualitas rendah. Salah satu rekomendasinya adalah PT Taman Delta Indonesia yang merupakan produsen kopi terbesar di Indonesia.
  • Pilih biji kopi yang utuh, kering dan tidak berbau apek

Informasi Penjualan Biji Kopi Baik

Kami tidak hanya memberikan informasi cara memilih biji kopi yang baik. Melainkan Kami juga akan membantu Kamu memberikan rekomendasi biji kopi yang sesuai dengan keingananmu. Untuk informas pembelian biji kopi silahkan hubungi Kami:

  • Whatsapp : 08127748618 (fast respon)
  • Email : sales@tamandelta.com
  • Instagram : @tamandelta

PT Taman Delta Indonesia Menyediakan Berbagai Jenis Biji Kopi Berkualitas

Kami menyadiakan biji kopi mentah (green coffee beans) dari berbagai jenis kopi dan dari berbagai daerah penghasil kopi. Mulai dari Kopi Arabika, Arabika Import, maupun Kopi Robusta. Kemasannya pun tersedia mulai dari kemasan dengan berat 2,5kg. Untuk skala besar, Kami juga menyediakan dengan kemasan 60kg.

Baca Harga Biji Kopi Terbaru:

Nah itulah informasi kali ini mengenai Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik. Semoga bisa bermanfaat dan berguna sebagai bahan referensi dalam memilih dan membeli biji kopi yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *