Cara Membuat Matcha Latte – Tahukah Kamu? Matcha Latte merupakan salah satu menu kopi yang kekinian yang tak kalah boomingnya dibandingkan Soy Coffee Latte. Menu kopi kekinian ini tentunya bisa ditemukan dibeberapa coffee shop kesayangan Kamu.

Informasi Singkat Mengenai Matcha Latte

Cara Membuat Matcha Latte
Cara Membuat Matcha Latte

Apa itu Matcha Latte? Mungkin banyak diantara kalian yang bertanya apa itu matcha latte? Tahukah Kamu? Matcha merupakan teh bubuk, matcha sendiri teh berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Matcha sendiri berasal dari Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok.

Sementara Latte merupakan sebuah espresso yang dicampur dengan susu segar (cair). Tentunya buat penikmat kopi dan pembaca majalah Taman Delta sudah tahu mengenai hal ini. Pasalnya Latte sudah sering dibahas, jika Kamu masih penasaran mengani Latte, silahkan kepoin disini.

Jadi, Matcha Latte merupakan sebuah kopi susu kekinian yang diberikan campuran teh hijau bubuk. Cita rasa yang diberikan Matcha sendiri terbilang khas dan harum. Sehingga sangat nyaman sekali ketika menikmati minuman kekinian yang satu ini.

Matcha Latte, Minuman Tradisi dari Jepang

Tahukah Kamu? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, minuman kekinian ini merupakan jenis teh hijau yang ditumbuk hingga jadi bubuk. Namun di Jepang, bubuk tersebut diseduh menjadi minuman atau kue. Ya, bubuk matcha kerap dipakai untuk membuat puding, es krim, latte dan sebagainya.

Dari kualitas bahan dan olahan, cita rasa matcha tentu lebih nikmat daripada teh hijau biasa. Secara harga pun, matcha lebih mahal ketimbang teh hijau. Matcha yang ada di pasaran memiliki banyak jenis dengan perbedaan harga. Bubuk matcha untuk memasak umumnya lebih terjangkau dari jenis matcha untuk upacara khusus.

Bagaimana Cara Membuat Matcha Latte?

Tentunya ditengah musim yang banyak virus mengharuskan Kita untuk tetap selalu berhati-hati ketika keluar rumah. Apalagi untuk menikmati Matcha Latte Kamu harus merelakan uang jajanmu setidaknya Rp 25.000.

Namun Kamu juga bisa membuat matcha latte sendiri di rumah. Lalu bagaimana sih cara membuat matcha latte? Jadi buat Kamu yang suka atau penasaran mengenai resep kopi kekinian dan juga cita rasanya baca selengkapnya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Matcha Latte

Bahan-bahan yang perlu Kamu persiapkan untuk membuat matcha latte adalah sebagai berikut.

  1. Kopi untuk Espresso, adapun rekomendasi untuk membuat espresso antara lain Sumatera Robusta, Regular Blend, atau Java Blend.
  2. Bubuk Matcha, bisa Kamu temukan dengan mudah di marketplace online kok.
  3. Gula aren bubuk
  4. Susu Segar (fresh milk), ingat yang susu cair ya. Bukan yang kental manis dalam kaleng.
  5. Air panas

Alat Yang Dibutuhkan

Sementara untuk membuat matcha latte Kamu juga dibutuhkan alat bantuan. Alat yang dibutuhkan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Moka pot, merupakan alat yang paling murah dan mudah utuk membuat Espresso.
  2. Gelas
  3. Pengaduk

Resep Cara Membuat Matcha Latte

Berikut beberapa tahap dan cara dalam membuat matcha latte.

  1. Buatlah espresso dengan kopi yang telah dipilih sebelumnya menggunakan Moka Pot.
  2. Tuangkan 10 gram espresso kedalam gelas yang telah disiapkan sebelumnya.
  3. Masukkan susu segar kedalam gelas yang sebelumnya sudah diisi espresso sebanyak 150 gram.
  4. Campurkan air panas dengan bubuk matcha dengan ratio 1:1.
  5. Sama seperti halnya pada poin ketiga, campurkan gula aren bubuk dengan air panas dengan ratio 1:1.
  6. Untuk mendapatkan tampilan yang menarik, campurkan gula aren sesuai selera yang telah dilarutkan dengan air panas kedalam gelas.
  7. Setelah gula aren dimasukkan, kemudian campurkan matcha kedalam gelas.
  8. Tambahkan taburan bubuk matcha sedikit untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik.
  9. Selesai.

Bagaimana? Cara Membuat Matcha Latte sangat mudah bukan? Bahan-bahan dan alatnya pun bisa Kamu dapatkan dengan mudah dan harganya pasti terjangkau.

Baca juga: Cara Membuat Soy Coffee Latte Tanpa Mesin

Tertarik Mencoba Cara Membuat Matcha Latte di Rumah?

Jadi, Kamu tertarik untuk mencoba membuat matcha latte sendiri di rumah? Selamat mencoba ya! Nah itulah informasi mengenai Cara Membuat Matcha Latte dari tamandelta.com. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang ingin mencoba sesuatu terutama di dunia kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *