Cara Membuat Kopi House Blend – Tahukah Kamu? Kopi House Blend merupakan salah satu jenis kopi andalan yang digunakan oleh suatu coffee shop di menu mereka. Seperti yang Kita ketahui, banyak masyarakat yang awalnya bukan seorang penikmat kopi dikarenakan mereka berfikir kopi itu pahit. Banyak diantara mereka (anak muda) yang ogah banget minum kopi karena rasanya yang hanya itu-itu saja (pahit).

Padahal setiap jenis kopi dari masing-masing daerah memiliki karakter yang berbeda-beda. Namun saat ini anak muda bahkan anak kecil sangat menyukai kopi, bahkan minum kopi dijadikan sebagai gaya hidup untuk media sosial mereka. Nah tentunya hal tersebut tak lepas dari sebuah racikan suatu coffee shop tersebut dalam menghadirkan menu-menu yang cocok untuk semua kalangan.

Menu tersebut tentunya tidak lepas dari jenis kopi yang digunakan. Untuk membuat produk kopi yang enak yang disukai oleh berbagai kalangan, tentunya sebuah coffee shop harus membuat racikan kopi dari banyaknya jenis kopi yang ada. Hasil racikan atau campuran antar jenis kopi ini dikenal dengan istilah Kopi House Blend atau Blended Coffee.

Cara Membuat Kopi House Blend

Cara Membuat Kopi House Blend
Cara Membuat Kopi House Blend

Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah Bagaimana Cara Membuat Kopi House Blend yang baik dan benar? Buat teman-teman pemilik bisnis coffee shop atau yang sedang berjualan kopi tentunya memiliki standar masing-masing. Namun sebelum membuat Kopi House Blend tentunya Kamu harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Hal Penting Membuat Kopi House Blend

Berikut hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam meracik atau membuat kopi house blend yang sesuai dengan selera masing-masing.

  1. Menentukan karakter kopi, mau dibuat bagaimana citarasa kopi yang diracik nanti. Karakter kopi seperti apa yang ingin Kamu tonjolkan melalui house blend yang akan Kamu buat ini.
  2. Mencari biji kopi atau melihat ketersediaan biji kopi yang karakternya sesuai dengan apa yang diinginkan pada poin sebelumnya.
  3. Tidak disarankan membuat kopi house blend sebanyak 4 jenis kopi atau lebih.
  4. Mesin dan peralatan harus memadai, seperti mesin roasting.

Ciptakan Kopi House Blendmu Sendiri di PT Taman Delta Indonesia

Bagi Kamu yang ingin menciptakan sebuah produk kopi house blend sesuai karakter coffee shopnya sendiri, namun tidak memiliki sumber daya maupun teknologi yang mumpuni bisa melalui PT Taman Delta Indonesia. Mengapa membuat kopi house blend di Taman Delta? Berikut ada beberapa alasan yang harus Kamu ketahui.

  • PT Taman Delta Indonesia memiliki berbagai macam jenis kopi dari berbagai daerah di penjuru Indonesia bahkan Mancanegara.
  • Kami memiliki tim yang sudah berpengalaman pada bidangnya masing-masing.
  • Kami menggunakan mesin roasting Probat 50kg yang didatangkan langsung dari Jerman.
  • Cukup pembelian minimal 2kg saja, Kamu bisa custom kopi house blend sesuai karakter kopi yang Kamu inginkan.

Tahapan Membuat Kopi House Blend

Tahukah Kamu? Ada 3 tahap utama dalam menciptakan kopi house blend yang sesuai selera. Berikut tahapan dalam menciptakan sebuah kopi house blend.

  1. Penyeduhan dengan metode cupping, fungsinya untuk mengidentifikasi masing-masing karakter yang akan dijadikan house blend.
  2. Pencampuran liquid, liquid yang dihasilkan dari metode penyeduhan cupping akan dicampur dengan menggunakan presentase sesuai dengan karakter house blend yang diinginkan.
  3. Pencampuran beans, setelah mendapatkan karakter dari pencampuran liquid kemudian masuk pencampuran beans. Dimana ini merupakan tahap sebelum milk base dan espresso.

Cara Membuat Kopi House Blend

Setelah mengetahui tahapan dalam menciptakan kopi house blend, tentunya Kamu bisa mengetahui bagaimana cara membuat kopi house blend yang baik dan benar. Buat Kamu yang tidak mempunyai alat roasting yang harganya bisa mencekik lidah bisa menggunakan cara berikut ini.

1. Grinder Biji Kopi Yang Kamu Miliki

Buat Kamu yang belum memiliki biji kopi yang sesuai dengan yang Kamu inginkan bisa mendapatkannya di tamandelta.com/shop. Lanjut lagi ke topik, dimana hal pertama kali yang harus Kamu lakukan adalah me-grinder biji kopi sangrai yang ingin Kamu jadikan sebagai kopi house blend. Gunakan masing-masing 10 gram kopi yang ingin Kamu jadikan sebagai kopi House Blend.

2. Seduh Menggunakan Metode Cupping

Gunakan ratio penyeduhan 1:18 dimana menggunakan 10 gram kopi dan seduh menggunakan 180ml air. Setelah diseduh, tunggu selama 3 menit sebelum dilakukan break untuk mengidentifikasi aroma setelah diseduh.

Setelah mengidentifikasi dari aroma basah, kemudian yang harus dilanjutkan adalah mengidentifikasi dari flavour dan taste. Identifikasi ini dilakukan dengan cara slot atau menyeruput secara cepat dan menyeluruh.

3. Tentukan Karakter Kopi Yang Lebih Ingin Ditonjolkan

Tentukan karakter kopi yang yang ingin Kamu tonjolkan berdasarkan hasil dengan menggunakan metode cupping pada tahap sebelumnya. Jika sudah, silahkan racik atau campurkan kopi hasil seduhan dari metode cupping sesuai dengan karakter yang Kamu inginkan.

4. Pencampuran Beans

Setelah menemukan karakter kopi yang Kamu inginkan sesuai pada tahap ketiga, tentunya Kamu bisa menyimpan sebagai daftar simpan. Untuk kemudian Kamu bisa membuat kopi house blend tanpa melewati ketiga tahap sebelumnya.

Mudah bukan? Nah tentunya Kamu sendiri bisa menggunakan cara ini untuk menemukan Kopi House Blend yang sesuai dengan karakter dan selera yang Kamu inginkan.

Jika Bingung Dengan Informasi Cara Membuat Kopi House Blend Pada Artikel Ini, Tonton Video Dibawah Ini?

Informasi penjualan produk PT Taman Delta Indonesia.

Kopi House Blend Praktis
Kopi House Blend Praktis

Nah itulah informasi mengenai bagaimana Cara Membuat Kopi House Blend yang baik dan benar. Bagikan informasi bermanfaat ini melalui media sosial yang Kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *