Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin – Espresso merupakan salah satu metode atau alat pembuat kopi yang bisa menghasilkan espresso. Tentu teman-teman ngopi sudah tahu betapa mahalnya sebuah mesin espresso? Untuk memiliki sebuah mesin espresso Kamu perlu mengeluarkan uang jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Lalu bagaimana cara membuat espresso tanpa menggunakan mesin espresso? Tenang, Kamu bisa menggunakan alat seduh kopi manual untuk membuat sebuah espresso. Salah satu alat manual brewing kopi tersebut sebetulnya sudah Kami singgung pada artikel sebelumnya.

Nah buat Kamu yang belum membacanya silahkan baca selengkapnya di Cara Membuat Espresso Dengan Moka Pot. Namun tidak hanya Moka Pot sebagai manual brew yang bisa membuat espresso. Tentunya masih ada yang lainnya yang bisa Kamu gunakan sebagai Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin. Simak informasi tamandelta.com kali ini dalam konten Tips.

Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin

Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin
Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin

Seperti biasa, sebelum masuk ke informasi utama alangkah lebih baiknya bila Kita kenali terlebih dahulu apa itu Espresso dan Moka Pot.

Tahukah Kamu? Espresso merupakan sebuah kopi yang dihasilkan dari proses ekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.

Lalu apa bedanya espresso dengan kopi biasa? Perbedaan paling mencoloknya terletak pada espresso yang bisa menghasilkan sebuah krema. Krema sendiri merupakan cairan berwarna kuning kecoklatan yang muncul saat pertama kali ekstrak kopi. Kalau lebih mudahnya, krema itu bentuknya seperti buih atau busa yang mengambang diatas kopi.

Krema ini lah yang diburu oleh pecinta kopi yang tergiur akan keindahan buih-buih kopi yang lembut saat pertama kali keluar dari mesin espresso. Seperti yang kita ketahui dari pengertian espresso yang telah Kami sebutkan diawal segmen ini. Espresso dihasilkan dari proses ekstraksi biji kopi dari tekanan tinggi.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Espresso Tanpa Sebuah Mesin?

Untuk menghasilkan sebuah esktaksi kopi atau krema kopi tentunya Kamu tidak harus memaksakan untuk membeli mesin espresso yang harganya jutaan. Kamu bisa mencoba cara membuat espresso tanpa mesin.

Lalu apa saja alat seduh kopi yang bisa membuat sebuah espresso? Simak selengkapnya rekomendasi terbaik alat seduh kopi manual aka manual brew untuk membuat espresso berikut ini.

1. Moka Pot

Moka Pot merupakan salah satu cara membuat espresso tanpa mesin, dimana bubuk kopi ditaruh diantara tabung atas dan tabung bawah. Lalu bagaimana Moka Pot bisa menghasilkan espresso? Berikut cara kerja dari Moka Pot dalam menghasilkan espresso.

  1. Bubuk kopi berada diantara tabung air dan tabung penampung espresso.
  2. Moka Pot dipanaskan menggunakan kompor atau bisa menggunakan kompor listrik/induksi.
  3. Air yang berada di tabung air akan mendidih sehingga menghasilkan tekanan dan mengalir menuju tabung bubuk kopi.
  4. Tekanan tinggi tersebut yang sudah bercampur dengan kopi akan naik menuju tabung penampung espresso melewati jalur seperti pipa yang menghasilkan espresso.

Cara Membuat Espresso Dengan Moka Pot

Kembali lagi ke topik utama yakni Cara Membuat Espresso Dengan Moka Pot. Jadi bagaimana sih membuat espresso tanpa menggunakan sebuah mesin espresso, melainkan hanya dengan menggunakan Moka Pot. Simak selengkapnya informasinya dibawah ini.

  1. Masukkan bubuk kopi kedalam wadah yang berada di tengah-tengah
  2. Isi air ke dalam tabung air (water tank) dengan volume dibawah lubang valve
  3. Tutup kembali moka potnya
  4. Panaskan moka pot menggunakan kompor biasa atau kompor listrik
  5. Supaya bisa mengetahui kapan keluarnya espresso, buka penutup moka pot
  6. Biarkan hingga kopi espresso keluar kedalam penampung
  7. Matikan api kompor
  8. Dan biarkan moka pot sampai panasnya menghilang.

Mudah bukan? Tentunya cara membuat espresso dengan Moka Pot sangat mudah sekali dipraktekan.

Baca Selengkapnya: Cara Membuat Espresso Dengan Moka Pot

2. Aeropress

Aeropress merupakan salah satu alat seduh kopi (manual brew) yang mampu menghasilkan espresso. Berbeda dengan Moka Pot yang memiliki beberapa bagian yang cukup ribet menurut Kami. Aeropress ini hanya terbagi dari dua bagian, yakni gagang untuk penekan dan coffee tank.

Nah Aeropress sendiri mengandalkan tekanan udara yang berasal dari tenaga Kita sebagai pembuat Kopi. Namun berbeda dengan Moka Pot yang penampung espresso menjadi satu dari kebagian, Aeropress menggunakan gelas untuk penampung espressonya. Oh iya, Kami belum menjelaskan bagaimana cara penggunaan dari alat seduh kopi manual espresso ini.

Yang jelas, cara membuat espresso dengan Aeropress berbeda dengan Moka Pot. Apa kelebihan dari cara membuat espresso tanpa mesin melainkan dengan Aeropress? Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Cara pengoperasiannya sangat mudah dan praktis tentunya.
  2. Tidak perlu menggunakan air terlalu panas untuk menghasilkan espresso seperti yang dilakukan pada penggunaan Moka Pot.
  3. Perawatan alat yang mudah, terutama ketika mencucinya.

3. Rok Presso

Cara membuat espresso tanpa mesin yang berikut ini pengoperasiannya hampir sama seperti menggunakan Aeropress. Ya sama-sama menggunakan tenaga tangan pembuat kopi. Hanya saja Rok Presso membutuhkan kedua tangan untuk menghasilkan tekanan.

Mana Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin Favoritmu?

Jadi mana nih cara membuat espresso tanpa mesin favorit Kamu? Tulis alat favoritmu melalui kolom komentar di bawah artikel ini ya.

Nah untuk bubuknya Kamu bisa membeli dengan ukuran halus. Kamu bisa mendapatkan di Taman Delta Indonesia untuk mendapatkan bubuk yang sesuai dengan permintaanmu termasuk bubuk untuk kopi espresso.

Nah itulah informasi Kami kali ini mengenai Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin. Bagikan informasi penting ini melalui media sosial yang Kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *