Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee – Seperti yang sudah mimin jelaskan pada Cerita Seputar Kopi sebelumnya. Phenti Hui Coffee atau saat ini dikenal dengan Dalgona Coffee, mimin akan memberikan cara membuatnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama dalam artikel sebelumnya, yang berjudul Fakta Tentang Dalgona Coffee. Bahwasanya asal mula Dalgona Coffee viral berasal dari salah satu acara TV di Korea. Diperankan oleh aktor Korea Selatan yakni Jung Il-Woo dalam episodenya di Makau dia mencoba minuman khas daerah tersebut. Ya dari situ viral lah Dalgona Coffee ini.

Namun sebenarnya Dalgona Coffee merupakan minuman berasal dari India, yang bernama Phenti Hui Coffee. Tapi apapun namanya, sebutannya yang jelas itu merupakan sebuah minuman susu yang diberi foam dari kopi. Ibarat seperti Cendol atau Dawet, serupa tapi tak sama sebutannya. Yang jelas apapun itu, kali ini mimin akan memberikan Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee.

Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee

Dalgona Coffee
Sumber: https://unsplash.com/@mayurpixamind

Untuk apa sih Kamu ingin mengetahui cara membuat dalgona coffee? Penasaran kah, atau memang sedang mengikuti trend yang sedang berjalan. Nah berikut Taman Delta punya rekomendasi Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee.

1. Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Dalgona Coffee

Hal pertama yang harus Kamu persiapkan dalam membuat Dalgona Coffee tentu saja tak lain adalah bahan. Tapi jangan khawatir, karena untuk membuat Dalgona Coffee bahan-bahannya mudah ditemukan kok. Adapun bahan-bahan untuk membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee adalah sebagai berikut.

  • 2 sdm kopi
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm air panas
  • Es Batu (opsional)

Udah itu aja? Benar sekali, komposisi 1:1:1 ya, karena banyak yang menggunakan cara membuat dalgona coffee dengan takaran tersebut. Jika tidak cocok, silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing. Baik memberikan takaran lebih banyak di gula, atau lebih banyak di kopi. Karena setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda.

2. Peralatan Untuk Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee

 

Cara Membuat Dalgona Coffee Delta
Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee Delta

Selanjutnya lankah cara membuat Dalgona Coffee yang perlu Kamu persiapkan adalah peralatan untuk membuatnya. Tak jauh berbeda dengan cara membuat dalgona coffee pada poin sebelumnya, poin berikut ini juga tentunya mudah ditemukan.

Adapun beberapa peralatan untuk membuat dalgona coffee yang Kamu butuhkan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mangkok, kalau bisa mangkok dengan permukaan datar.
  • Sendok makan, untuk mengukur takaran bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  • Gelas atau wadah untuk air panas,
  • Mixer.

Ya hanya empat peralatan tersebut yang perlu Kamu persiapkan untuk membuat dalgona coffee di rumah. Tentu peralatan-peralatan tersebut sudah tersedia di rumah Kamu dong.

3. Praktek Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee

Nah poin cara membuat Dalgona Coffee yang satu ini tentunya tidak jauh kalah pentingnya untuk menghasilkan Dalgona Coffee. Berikut cara membuat dalgona coffee yang perlu Kamu perhatikan.

  1. Campurkan dua sendok makan kopi, 2sdm gula, dan 2sdm air panas ke dalam mangkok.
  2. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata, inilah sebabnya mimin merekomendasikan air panas, supaya bahan-bahan tersebut bisa tercampur dan larut dengan mudah.
  3. Jika sudah tercampur merata, kemudian aduk menggunakan mixer selama kurang lebih 15 menit sampai adonan mengembang dan menghasilkan busa.
  4. Nah busa inilah yang disebut dengan Dalgona Coffee yang kemudian dicampurkan atau diletakkan diatas susu.

Mudah bukan? ya tentunya mencoba untuk membuat Dalgona Coffee di rumah tentunya bisa menghilangkan rasa jenuh. Lalu air es untuk apa dong? Nah itu merupakan bahan opsional saja, Kamu bisa menambahkannya es tersebut saat adonan sudah tercampur merata, untuk mendapatkan spons kopi yang lembut dan segar.

Bukan hanya es batu saja, Kamu bisa juga menambahkan gula aren atau gula jawa sesuai selera Kamu. Mumpung di rumah yuk berinovasi membuat kuliner dengan menggunakan bahan dasar kopi.

4. Campurkan Ke Media Minuman Favoritmu

Tahukah Kamu? Dalgona Coffee tidak hanya digunakan untuk susu saja, melainkan Kamu bisa menggunakannya kedalam minuman favoritmu. Seperti diletakkan diatas kopi, atau mungkin ke cendol atau es dawet.

Cari Kopi Untuk Campuran Membuat Dalgona Coffee Enak

PT. Taman Delta Indonesia selaku produsen kopi dan supplier kopi di Indonesia tentunya menyediakan kopi kekinian. Kopi yang cocok digunakan untuk mendampingi berbagai kuliner, apalagi digunakan untuk membuat Dalgona Coffee.

Semuanya lengkap mulai dari Kopi Tanpa Ampas, Kopi Kemasan Praktis, hingga Kopi se enak Cafe juga tersedia. Mulai dari Kopi Robusta, Arabika, Blend bisa Kamu pilih dan request bentuk kopi baik bubuk atau biji kopi secara gratis. Yang jelas cocok dengan selera Kamu dan semua orang.

Nah itulah Cerita Seputar Kopi kali ini mengenai Cara Membuat Dalgona Coffee atau Phenti Hui Coffee. Mudah bukan cara membuat Phenti Hui Coffee atau yang saat ini viral dengan sebutan Dalgona Coffee. Bantu mimin untuk membagikan informasi ini supaya yang di rumah gak lagi merasa jenuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *