Cara Membuat Cold Brew Coffee – Salah satu kesenangan belajar tentang kopi adalah mengenali proses roasting pada kopi itu sendiri. Faktanya, proses memanggang kopi yang sama, yang disiapkan sebagai minuman dingin dengan cara berbeda, bisa terasa sangat berbeda.

Cold brew coffee bisa memiliki karakteristik yang kaya dan lembut, tetapi juga bisa renyah dan berair seperti es teh. Ini bisa berupa buah atau kacang. Kopi yang di hasilkan dari metode menggunakan cold brew ini bisa membuat kamu menjadi segar, dan membuat kamu makin melek untuk beraktivitas.

Ingin belajar cara membuat cold brew coffee di rumah? Pertimbangkan panduan dalam artikel ini untuk semua hal minuman dingin, dengan segala sesuatu mulai dari kopi terbaik untuk minuman dingin hingga resep minuman dingin kami yang telah dicoba dan benar.

Apa itu Cold Brew?

Apa itu Cold Brew Coffee
Apa itu Cold Brew Coffee

Tahukah Kamu? Cold brew adalah metode penyeduhan di mana kopi diekstraksi dari bubuk kopi pada suhu rendah, mengurangi keasaman keseluruhan dari kopi yang diseduh. Umumnya dalam bentuk air panas yang digunakan untuk menyeduh, mempercepat ekstraksi rasa; jadi tanpa panas.

Sehingga untuk membuat cold brew coffee kamu membutuhkan waktu yang lebih lama. Yang terbaik adalah membiarkan ekstraksi memakan waktu setidaknya 12 jam, tetapi tidak lebih dari 24 jam.

Cara Membuat Cold Brew Coffee

Cara membuat cold brew coffee
Cara membuat cold brew coffee

Seperti yang kita ketahui ada begitu banyak metode minuman kopi yang diasajikan dalam suhu dingin. Dan salah satu yang perlu kamu ketahui adalah Cold Brew Coffee ini. Inilah yang mendasari ide di balik semuanya. Menyeduh lama dan lambat untuk minuman kopi yang lembut, bertubuh penuh, dan tebal.

Caranya adalah dengan memilih kopi yang tepat untuk metode kamu, atau metode yang tepat sesuai dengan kopi favorit kamu. Minuman dingin tidak memerlukan apa pun selain peralatan dasar dan biji kopi yang enak.

Resep Cold Brew Coffee Terbaik

Resep cold brew coffee yang ingin kami sampaikan ini tentunya membutuhkan sebuah bahan yang sesuai dengan standar untuk mendapatkan karakter yang diinginkan. Salah satunya membutuhkan gilingan kopi yang sedikit lebih kasar, yang bekerja dengan baik dengan waktu pembuatan yang lama.

Ini juga bekerja dengan baik dengan pers Prancis, metode minuman dingin yang populer. Jika kamu ingin mencoba minuman dingin yang panjang, lambat, dan bertubuh penuh, ikuti resep ini:

  • Campur bubuk dan air bersama dalam wadah pilihan kamu, seperti French press atau mason jar. Kamu bisa menutupinya, tapi tidak boleh kedap udara. Jika menggunakan French Press, jangan tekan plunger ke bawah terlebih dahulu.
  • Kemudian, simpan di lemari es atau kulkas dan diamkan 10 hingga 12 jam, lalu saring bubuk kopi dan masukkan minuman yang dihasilkan ke dalam lemari es untuk didinginkan.
  • Ini menghasilkan konsentrat minuman dingin yang sangat kuat, yang harus diencerkan dengan air atau susu dengan perbandingan 2: 1.
  • Sajikan di atas es dan nikmati!

Resep kopi seduh dingin yang enak lainnya? Bean Box Cold Brew! Tersedia dalam dua rasa (Rich & Creamy dan Smooth & Bright), Bean Box Cold Brew siap untuk diminum, tidak perlu pengenceran.

Kopi Terbaik untuk Cold Brew

Saat memilih kopi cold brew terbaik, kopi “tradisional” dari Amerika Selatan seperti Kolombia atau Brasil , memadukan daftar ” cokelat “, “coklat”, atau “kacang” dalam catatan rasa mereka. Espresso campuran, dan menengah atau menengah-gelap daging panggang yang terbaik untuk minuman dingin. Ini semua adalah pilihan bagus untuk metode kopi minuman dingin semalam yang menghasilkan konsentrat kopi kental dan manis. Hindari daging panggang dan kopi yang sangat gelap dengan keasaman yang sangat rendah, seperti orang Sumatera atau Hawaii.

Proses pembuatan bir yang lebih lama menghasilkan tekstur yang kental dan lembut pada kopi, dan bentuk konsentrasinya cocok untuk memperkuat krimnya dengan susu, susu kental manis (untuk variasi minuman dingin Thailand atau Vietnam), atau bahkan gas nitro . Apa pun metode yang kamu gunakan, penting untuk menggunakan biji kopi segar saat membuat minuman dingin.

Pertanyaan Seputar Cara Membuat Cold Brew Coffee

Untuk melengkapi artikel kali ini, kami memasukan beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai pembuatan cold brew coffee. Berikut beberapa pertanyaan beserta jawaban yang sering muncul.

1. Grind Size yang Digunakan Cold Brew Coffee

Biji kopi harus digiling kasar untuk menyeduh dingin, jadi yang terbaik adalah menggunakan penggiling duri dengan beberapa pengaturan .

2. Rasio Kopi-Air untuk Cold Brew Coffee?

Pertahankan rasio air-ke-kopi kira-kira sekitar 4:1 untuk ukuran apa pun yang kamu suka (misalnya, 36 ons air untuk 8 ons bubuk atau satu cangkir air untuk 1/4 cangkir bubuk).

3. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Cold Brew?

Tergantung pada resep minuman dingin yang kamu gunakan, minuman dingin dapat diseduh antara 10 dan 18 jam. Kami merekomendasikan untuk membuatnya dalam semalam.

4. Berapa lama Cold Brew bertahan?

Kamu dapat membuat minuman dingin dalam jumlah besar dan menyimpan konsentrasinya dalam wadah kedap udara di lemari es hingga dua minggu. Kamu juga dapat berkonsentrasi minuman dingin pada perjalanan darat, perjalanan berkemah , hingga pesta tailgating kemungkinannya tidak terbatas!

5. Berapa Banyak Kafein dalam Cold Brew?

Karena minuman dingin biasanya dibuat dengan rasio kopi-air yang lebih tinggi daripada kopi panas, seringkali lebih kuat dalam hal kafein. Kandungan kafein pada minuman terakhir juga dapat bergantung pada seberapa banyak Kamu mengencerkan konsentrat dengan susu, air, atau es. Pastikan untuk tidak meminum konsentrat tanpa mengencerkannya.

Minuman Dingin vs Kopi Es

Perbedaan antara minuman dingin dan kopi es sederhana: kopi es adalah kopi yang diseduh panas dan dituangkan di atas es, sedangkan minuman dingin tetap pada suhu kamar sebelum didinginkan dan disajikan. Cold brew perlu disiapkan terlebih dahulu, sedangkan es kopi bisa dibuat di tempat.

Nah itulah cara membuat cold brew coffee yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga informasi yang ada pada artikel ini bisa membantu kamu dalam memberikan referensi mengenai varian-varian menu kopi yang bisa kamu coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *