Bagaimana Kopi dibuat? Pernah gak sih kamu melihat atau mungkin penasaran tentang bagaimana proses pembuatan kopi. Perlu kamu ketahui, kopi nikmat yang sering kamu coba tentunya tidak serta merta hadir dalam bentuk siap untuk diminum.

Kopi yang berkualitas dan nyaman untuk dikonsumsi membutuhkan sebuah proses yang cukup lama. Yuk intip proses sebuah kopi yang nikmat dihasilkan.

Dari Mana Biji Kopi Berasal?

Pernah bertanya-tanya dari mana biji kopi berasal dan bagaimana kopi sebenarnya dibuat sebelum masuk ke cangkir Anda? Baca terus untuk mengetahui semua tentang produksi kopi, termasuk metode pemrosesan dan pemanggangan dan mengapa hal itu sangat penting untuk kopi berkualitas.

Kopi berasal dari tanaman kopi (coffea), yang biasanya tumbuh dan tumbuh subur di iklim tropis yang hangat; Inilah sebabnya mengapa banyak kopi dunia berasal dari negara-negara seperti Brazil , Vietnam, Kolombia, Indonesia, Ethiopia dan Guatemala . Tanaman kopi menumbuhkan buah seperti ceri (biasanya berwarna merah atau ungu), dan di dalam buah tersebut terdapat biji kopi yang terdiri dari empat variasi tumbuh.

Berbagai Jenis Biji Kopi

  1. Kacang Arabika
  2. Kacang Robusta
  3. Kacang Liberica
  4. Kacang Excelsa

Bagaimana Kopi Dibuat? Ini Proses dan Alurnya

Bagaimana Kopi Dibuat
Bagaimana Kopi Dibuat

Produksi Kopi

Setelah buah kopi matang dan dipetik sempurna, kopi harus diolah untuk menghilangkan lapisan terluar biji kopi. Metode pengolahan dapat dibedakan terlepas dari daerah tempat kopi ditanam.

Ada dua metode pengolahan yang populer di dunia yang juga lebih dikenal dengan proses pasca panen. Adapun dua proses tersebut antara lain adalah pengolahan dengan cara dicuci (wash) dan pengolahan dengan cara alami.

Proses Pasca Panen

Proses pasca panen merupakan alur atau langkah kedua mengenai bagaimana kopi dibuat. Proses pasca panen sendiri

1. Pengolahan Dicuci (Wash)

Pemrosesan yang dicuci adalah metode yang digunakan di daerah yang memiliki akses ke air yang melimpah. Setelah ceri kopi dipetik, proses mekanis menghilangkan kulit luarnya. Ini memperlihatkan lapisan lengket yang manis yang dikenal sebagai bubur kertas. Pada tahap ini pulp dikeluarkan dengan depulper atau dimasukkan ke dalam tangki fermentasi di mana enzim alami, beberapa bakteri, dan mikroba lain membuangnya.

Kopi yang dicuci dengan benar akan cenderung cerah, dengan aroma buah yang halus, rasa dan warna yang seragam. Kedalaman tubuh kopi akan lebih sedikit dibandingkan dengan kopi yang sama yang diproses menggunakan metode alami, tetapi memiliki peluang lebih baik untuk menghasilkan kopi yang konsisten dari biji ke biji dan dengan demikian dari cangkir ke cangkir.

2. Pengolahan Alami (Natural)

Proses alami dinamai demikian karena ini adalah cara asli ‘alami’ untuk menghasilkan kopi, yang berasal dari biji yang diproduksi secara komersial pertama dari Yaman untuk Kekaisaran Ottoman. Alih-alih dipetik, dihancurkan, dan dicuci, ceri ini dipetik dari tanaman dan kemudian ditempatkan di tempat pengeringan. Saat buah ceri mengering, maka akan mudah terkelupas dan hanya biji yang tersisa.

Kopi ini tidak sekonsisten kopi yang diproses menggunakan proses pencucian, dan dapat mengalami masalah kualitas jika tidak disortir dengan benar. Namun, mereka memiliki ketajaman halus yang kita deteksi sebagai buah atau beri saat mereka meredam keasaman. Mereka juga menghasilkan kesederhanaan dan tubuh dalam kopi yang dapat dirasakan secara mendalam dan kompleks. Kopi alami yang belum diproses dengan benar memiliki rasa seperti anggur yang difermentasi, hampir asam .

Roasting/Pemanggangan Biji Kopi

Kopi, sebagai benih dan produk pertanian, perlu disangrai agar siap dikonsumsi. Proses ini menggunakan panas dan waktu untuk mengubah biji kopi hijau dan mentah menjadi biji kopi coklat atau hitam.

Umumnya, pemanggangan berlangsung antara 10 hingga 15 menit dan mengalami berbagai reaksi kimia untuk memberikan rasa dan aroma pada produk jadi. Kopi panggang yang lebih ringan akan memiliki lebih banyak nada ‘terroir’ seperti teh bunga, buah, dan beri.

Daging panggang yang lebih gelap akan menjadi coklat berasap dan pahit . Saat sangrai berkembang dari terang menjadi gelap, karakteristik kopi akan berubah. Untuk menggunakan rasa manis sebagai contoh, daging panggang ringan akan dimulai dengan tebu, berkembang menjadi gula mentah, karamel, dan selanjutnya menjadi sirup maple.

Baca juga:

Setiap pemanggang melakukan putaran unik mereka pada kopi. Sains adalah pemanggang yang mencoba mengulangi resep mereka, melawan variabel, dan mempertahankan produk lezat secara konsisten untuk Anda nikmati. Inilah seni memanggang kopi.

Buat kamu yang sedang mencari pen jual kopi terlengkap ya di tamandelta.com saja. Cari kopi arabika, robusta, atau house blend dari berbagai daerah disini ada. Kami telah menerapkan proses bagaimana kopi dibuat dengan baik, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan aman dikonsumsi oleh para penikmat kopi di Indonesia dan mancanegara.

Nah itulah informasi kali ini mengenai Bagaimana Kopi Dibuat. Semoga bisa menambah wawasanmu mengenai dunia perkopian ya. Supaya kamu bisa menemukan kopi yang nikmat sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *