Bagaimana Cara Membuat Espresso Sendiri di Rumah? Tentunya  Meskipun secangkir tetesan harian kamu dan demitasse espresso kamu pada dasarnya adalah air panas yang melewati kopi bubuk dan keluar dari filter, keduanya berbeda dalam beberapa hal yang signifikan. Begitu kita tahu bagaimana perbedaannya dan mengapa perbedaan itu penting, kita bisa menuju cangkir yang hebat.

Apa itu Espresso?

Apa itu Espresso?
Apa itu Espresso?

Sederhananya, Espresso merupakan sebuah metode pembuatan kopi dimana ada proses mengekstrak senyawa rasa dan aroma dari kopi yang digiling halus di bawah tekanan. Nama espresso caffè Italia secara harfiah berarti kopi di bawah tekanan atau kopi yang ditekan atau dipaksakan.

Secara tradisional, biji yang digunakan untuk membuat espresso adalah biji yang memiliki tingkat kematangan sedang (medium-roast) hingga gelap (dark roast) dengan tingkat keasaman yang lebih rendah.

Namun, seiring berjalannya waktu preferensi sangrai untuk espresso telah berubah. Dimulai sebagai sangrai sedang, kemudian preferensi sangrai gelap berlaku, dan sekarang kamu dapat menemukan bidikan espresso yang luar biasa dari banyak daging panggang yang berbeda, dengan espresso sangrai medium hingga gelap sedang menjadi yang paling umum.

Berapa Banyak Kafein di Espresso?

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa seperti halnya minuman espresso yang rasanya super kuat (rasa terkonsentrasi), rasanya juga lebih tinggi. Tetapi bahkan satu gelas espresso mengandung sekitar dua pertiga kafein dari kopi tetes 8 ons.

Biji Kopi Terbaik untuk Espresso

Sebenarnya tidak ada yang namanya biji espresso. Kopi apa pun bisa diseduh sebagai espresso, tetapi ada campuran kopi yang diformulasikan khusus untuk espresso yang rasanya paling enak sebagai minuman espresso.

Meskipun demikian, meskipun beberapa kafe telah mulai menawarkan bidikan espresso asal tunggal, pada umumnya espresso dibuat dengan campuran yang dirancang khusus untuk espresso. Yang paling penting, dari sudut pandang barista, adalah bagaimana biji tersebut digiling. Sementara kopi tetes paling baik jika biji adalah gilingan sedang (seukuran garam laut), untuk espresso, biji kopi harus digiling halus dan konsistensi gilingan sangat penting.

Cara Membuat Espresso di Rumah

Cara membuat espresso di rumah
Cara membuat espresso di rumah

Tahukah kamu? Espresso membutuhkan peralatan khusus, karena untuk menghasilkan espresso yang baik tentunya dibutuhkan tekanan yang sesuai. Untuk memulai, Kamu memerlukan mesin espresso yang dapat menahan tekanan dan menghasilkan air panas yang konsisten, serta penggiling yang akan menghasilkan kopi bubuk halus yang konsisten.

Di dunia espresso, kata ajaib kami adalah konsistensi. Burr grinder yang bagus akan menjadi sumber yang paling konsisten untuk kopi yang digiling halus. Membuat minuman espresso yang hebat membutuhkan komitmen awal, tetapi begitu Kamu meluangkan waktu dan latihan, akan sangat bermanfaat untuk menuangkan minuman dengan rasa enak pertama Kamu.

Resep dan Rasio Espresso Terbaik

  • Perbandingan Kopi-Air: Gunakan 18 sampai 20 gram bubuk kopi, dengan perbandingan 1: 2 dengan air.
  • Espresso Tamping Pressure: Kamu perlu tekanan 30 pon untuk membuat tempat tidur yang bagus dan rata, karena pemadatan miring akan menyebabkan espresso tersalurkan dan tidak diseduh dengan baik. Air selalu menemukan jalur yang paling tidak tahan.
  • Waktu Ekstraksi: Ini paling penting karena membantu kami melacak variabel lain. Saat mencoba memasukkan espresso, penggilingan dan dosis adalah yang paling penting. Contoh: Tembakan 15 detik, 18 gram, menyempurnakan hasil gilingan Kamu atau meningkatkan dosis Kamu.
  • Suhu: 185 hingga 204 derajat Fahrenheit

Cara Membuat Espresso Tanpa Mesin

Meskipun Kamu tidak dapat membuat espresso yang bonafid tanpa tekanan dari mesin, Kamu dapat mendekati (ish) real deal dengan salah satu metode berikut:

Cara Membuat Espresso Dengan French Press

Membuat espresso dengan pers Prancis pada dasarnya berarti membuat lebih sedikit kopi. Inilah yang Kamu lakukan: Rebus satu cangkir air. Sementara Kamu menunggu airnya memanas, tambahkan dua sendok makan kopi yang baru digiling halus ke dalam French press Kamu.

Tambahkan sedikit air mendidih ke dalam French press dan aduk sebentar. Tunggu empat menit, lalu tekan perlahan ke bawah, berhenti setiap beberapa detik. Perhatikan bahwa akan sedikit menantang untuk mendorong pendorong ke bawah karena ukuran gilingan.

Cara Membuat Espresso Dengan AeroPress

Hal yang sama berlaku untuk AeroPress; menggunakan metode minuman biasa untuk AeroPress , persiapkan lebih sedikit kopi menggunakan gilingan halus. Jika bisa, panaskan air Kamu dalam ketel hingga 205 hingga 210 derajat Fahrenheit (suhu optimal untuk espresso di AeroPress, serta pers Prancis).

Jenis Minuman Espresso 

Jika Kamu pernah menatap dengan ternganga pada menu kedai kopi bertanya-tanya apa perbedaan antara semua minuman espresso, Kamu berada di perusahaan yang baik! Berikut gambaran umum tentang berbagai jenis minuman espresso:

  1. Single shot: Sederhana dan enak.
  2. Double shot: Ini adalah pukulan yang paling umum, karena kebanyakan barista melakukan pukulan ganda dan membuang setengahnya jika seseorang memesan satu pukulan.
  3. Americano: Air dituangkan di atas espresso. Anggap saja sebagai secangkir kopi tetes yang lebih intens.
  4. Macchiato: Espresso dengan busa susu kukus. Terkejut karena itu bukan bom gula yang mengandung karamel? Keren juga jika kamu menyukainya, tapi itu bukan macchiato tradisional.
  5. Cappuccino: Porsi yang sama espresso, susu kukus, dan susu berbusa.
  6. Flat White: Espresso dengan microfoam dituangkan di atasnya. Microfoam adalah susu kukus yang diisi dengan gelembung kecil dan halus yang memberikan konsistensi yang sangat halus. Ya, ini berbeda dengan latte.
  7. Mocha: Enak, dan tidak terlalu manis.
  8. Latte: Espresso dengan banyak susu kukus dan sedikit buih.
  9. Ristretto: Secangkir espresso terkonsentrasi, untuk saat kamu tidak ingin berkedip selama beberapa jam atau berkomitmen untuk sesuatu yang lebih lama dari seteguk. Bagaimanapun, kamu punya tempat untuk dikunjungi dan hal-hal yang harus dilakukan.

Apa Itu Blonde Espresso?

Espresso pirang, yang dipopulerkan oleh Starbucks, hanyalah espresso yang dibuat dengan kopi panggang ringan sebagai lawan dari espresso tradisional, yang menggunakan kacang medium atau gelap.

Apa itu Espresso Powder?

Beberapa resep memanggang membutuhkan bubuk espresso, yang dibuat dari biji kopi yang digiling halus dan dipanggang gelap. kamu bisa membeli bubuk espresso di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah. Namun, ini tidak dimaksudkan untuk digunakan membuat espresso yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *